Begini Cara Mengolah Sampah Organik Untuk Dijadikan Pupuk Kompos Di Rumah

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagaimana kalian ketahui, sampah organik menjadi salah satu jenis limbah rumah tangga yang biasanya dibuang begitu saja. Namun, ternyata ada cara mengolah sampah organik di rumah.

Untuk mengolah sampah organik di rumah, ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan. Hal ini bisa dilakukan untuk membuat pupuk kompos sendiri di rumah. Lalu bagaimana caranya?

Berikut beberapa cara mengolah sampah organik di rumah sebagai pupuk kompos yakni:

Baca Juga: Mawar de Jongh Lewat Lagu ‘Pernah Salah’ Ceritakan Kesalahan dalam Hubungan

Baca Juga:  Inilah Efek Samping Yang Ditimbulkan Dari Jahe

Baca Juga: Hoax! Beredar Ajakan Daftar Vaksin Nusantara Lewat Whatsapp

Pertama. Pisahkan Wadah Sampah Organik – Tentu yang pertama kali harus kamu lakukan adalah memisahkan sampah-sampah yang ada di rumahmu. Wadah sampah organik harus dibedakan dengan wadah sampah anorganik.

Baca Juga: Siapa Yang Lebih Berhak Untuk Jadi Imam Saat Sholat Berjamaah Di Mesjid?

Baca Juga: Resep Olahan Tumis Tofu Saus Tiram, Mudah Untuk Dibuat!

Soalnya, sampah organik lebih cepat membusuk dan menjadi sulit dipisahkan jika terlanjur menyatu dalam wadah yang sama dengan sampah anorganik. Yang dimaksud sampah organik di sini adalah sisa-sisa sayuran ataupun sampah yang bersumber dari alam.

Baca Juga:  Bocah 13 Tahun Tenggelam di Irigasi Karawang, Ditemukan Sudah Tak Bernyawa

Kedua. Sediakan tempat penampungannya – Untuk membuat pupuk kompos dari bahan sampah organik, tentunya kalian memerlukan bak untuk menyimpannya.

Ketiga. Tambahkan Campuran Tanah – Kamu juga perlu menambahkan campuran tanah ke dalamnya. Nggak perlu banyak-banyak, untuk satu composter dengan volume 20 liter, kamu hanya perlu menambahkan segenggam tanah.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Desa Begawat Kuningan Dari Curug Ngelay

Baca Juga:  Peraih Medali Asian Games Dapat Kadeudeuh

Keempat. Aduk dengan Rutin – Selain saat membuang sampah organik yang komposisinya sudah sesuai ke dalam bak penampungan, ada kalanya kamu harus membuka wadah tersebut secara rutin.

Baca Juga: Kejari Serdang Bedagai Belum Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi Dana Hibah 36,5 M di KPU

Kamu bisa membuka composter setiap 3—4 hari sekali dan mengaduk sampah di dalamnya agar lebih bercampur sehingga proses pembusukan lebih sempurna. Setelh itu kalian bisa menunggunya hingga jadi. ***