Mengenal Beberapa Tahapan Pertumbuhan Kanker Payudara Serta Peluang Kesembuhannya

JABARNEWS | BANDUNG – Menjadi salah satu ancaman bagi wanita, kanker payudara biasanya menjadi penyakit yang jarang disadari oleh pengidapnya. Untuk itu, penting bagi kalian mengetahui proses pertumbuhan kanker payudara.

Ada sejumlah proses pertumbuhan kanker payudara yang mesti kalian ketahui. Yakni stadium 0, stadium 1, stadium 2, stadium 3, dan stadium 4 atau stadium akhir. Semakin kecil stadium kanker payudara maka semakin tinggi pula peluang kesembuhan.

JabarNews.com melansir dari Suara.com yang diunggah pada 9 November 2021, berikut proses pertumbuhan kanker payudara yakni:

Baca Juga: Makanan Rendah Kalori yang Baik Untuk Diet Sehat, Ini Pilihannya

Baca Juga: Purwakarta Terus Membaik, Anne Ratna Mustika Pastikan Pastikan Tak Ada Penambahan Kasus Baru

Pertama. Kanker payudara stadium 0 – Stadium 0 pertumbuhan kanker payudara adalah tahap paling awal kanker payudara, sering juga disebut dengan ductal carcinoma in situ (DCIS).

Baca Juga:  Momentum Idul Fitri Jadi Semangat Baru Pengabdian Kepada Umat, Ini Pesan Rektor Unisba

Baca Juga: Hari Pahlawan: Gambar Ismail Marzuki Ditampilkan di Google Doodle, Ini Profilnya

Baca Juga: Kisruh Perebutan Yayasan Ghafururrahim Terus Berlanjut di PN Cianjur, Siapa yang Menang?

Stadium ini mengacu pada kanker yang ada di saluran susu tetapi belum menyebar ke luar saluran atau lobulus, ke jaringan di sekitar payudara. Pada konsidi ini benjolan pada payudara belum terasa.

Kedua. Kanker payudara stadium 1 – Pada tahap ini, sel kanker payudara sudah menyebar ke jaringan di sekitar payudara, tapi masih di area kecil. Stadium 1 dibagi menjadi stadium 1A dan 1B.

Stadium 1A berarti tumor berukuran 20 milimeter (mm), dan kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening. Sedangkan 1B tidak ada tumor, atau ukuran tumor kurang dari 20 mm di payudara, tapi sel kanker berada di kelenjar getah bening.

Baca Juga:  Buruh Demo Lagi, Polres Purwakarta Lakukan Rekayasa Lalu Cegah Kemacetan

Ketiga. Kanker payudara stadium 2 – Saat memasuki tahapan ini, kanker payudara telah tumbuh lebih besar tetapi masih terbatas di daerah payudara.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 10 November 2021, Pisces, Hari Ini Penuh Cinta

Baca Juga: DPRD Jabar Desak Pemerintah Tingkatkan Anggaran Program Rutilahu

Kanker payudara stadium 2 ini dibagi menjadi dua bagian yakni Stadium 2A, tidak ada tumor atau tumor kecil berukuran hingga 20 mm di payudara dan Stadium 2B, ada umor berukuran 20 hingga 50 mm berada di payudara, dan kanker telah menyebar.

Baca Juga: Ini Dia Tiga Makanan Penambah Darah yang Kaya Akan Zat Besi

Baca Juga: Berjalan di Atas Rel, Seorang Pria di Kota Tasikmalaya Tertabrak Kereta Api

Baca Juga:  Gempa Magnitudo 6,2 Terjadi di Sulawesi Utara, BMKG Minta Masyarakat untuk Hati-Hati

Keempat. Kanker payudara stadium 3 – Di stadium 3 kanker payudara, sel kanker telah menyebar melewati payudara atau ukuran tumor berukuran jauh lebih besar. Peluang selamat atau sembuh pada stadium ini sebesar 66 hingga 98 persen jika ditemukan.

Kelima. Kanker payudara stadium 4 – Stadium 4 kanker payudara sering juga disebut metastatik, yakni stadium paling lanjut kanker payudara. Pada tahap ini kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat dan ke bagian lain dari tubuh, seperti paru-paru, hati, otak, atau tulang.

Baca Juga: Duh! 13 Hari di Posko Pengungsi, Warga Terdampak Banjir di Serdang Bedagai Bilang Ini

Jika kanker telah menyebar ke tulang, pasien mungkin mengalami nyeri tulang atau nyeri punggung, dan jika telah menyebar ke hati, pasien mungkin mengalami nyeri di sisi kanan perut mereka. ***