Lakukan Cara Ini Untuk Menghadapi Bos yang Tidak Adil Pada Karyawan

JABARNEWS | BANDUNG – Untuk menghadapi bos tidak adil pada karyawan, ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan.

Dengan tahu cara menghadapi bos tidak adil pada karyawan, kalian jadi tidak usah khawatir dan merasa kecewa.

JabarNews.com melansir dari banyak sumber, berikut beberapa cara menghadapi bos tidak adil pada karyawan:

Baca Juga: Bagi Pemula, Begini Cara Budidaya Ayam Kampung Sebagai Peluang Bisnis

Baca Juga: Empat Mitos Unik Seputar Rokok Menurut dr. Saddam Ismail

1. Introspeksi diri sendiri – Apapun yang dikerjakan, tentu akan selalu salah di mata atasan jika ia terlanjur tidak suka kepada Anda. Jika alasannya demikian, coba introspeksi diri sesering mungkin setelah mengerjakan tugas. Mungkin benar ada yang salah pada diri Anda, makanya atasan kurang suka.

Baca Juga: Bappenas Luncuran Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali, Tiga Hal Ini Jadi Catatan Jokowi

Baca Juga:  Resep Makanan Kue Bahulu Khas Brunei Darussalam, Mudah Dibuta Di Rumah

Baca Juga: Kolaborasi dengan Ahmad Dhani, Hanin Dhiya Rilis Single ‘Roman Picisan’

Introspeksi bukan hanya dari cara kerja, tapi juga sikap. Mungkin Anda pernah membuat candaan dengan kalimat yang kurang etis, sehingga ia sakit hati? Tanyakan hal ini kepada diri sendiri secara mendalam.

Introspeksi membutuhkan waktu yang tidak singkat, sebaiknya luangkan waktu khusus untuk melakukannya. Jadi, perbaikan demi perbaikan bisa dilakukan mulai dari sekarang.

2. Jalin komunikasi yang baik – Bukannya atasan tidak adil kepada karyawan, tapi mungkin karena Anda terlalu menutup diri, jadi merasa kurang diperhatikan olehnya. Maka dari itu, cobalah buka diri dan tingkatkan komunikasi dengan atasan. Siapa tahu bisa jadi akrab, kan?

Komunikasi yang dijalin tentunya berhubungan dengan pekerjaan, jadi Anda tidak dianggap cari muka atau cari muka kepada atasan.

Baca Juga:  Gawat! Tempat Tidur Pasien Covid-19 di 11 RS Cirebon Hampir Penuh

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Hidung Tersumbat Saat Musim Hujan

Baca Juga: Jokowi Heran dengan Banyak Mural Berisi Keritakan Pemerintah Dihapus, Perintah Siapa?

Intinya, jangan menunggu bola datang, tapi jemputlah bola tersebut. Jangan ragu untuk menyapa atasan terlebih dahulu saat berpapasan di pagi hari, sehingga komunikasi menjadi lancar.

Baca Juga: PPDI Purwakarta: Akses Bagi Penyandang Disabilitas di Purwakarta Masih Kurang

Baca Juga: Kasus HIV AIDS di Purwakarta Cenderung Tinggi, Begini Komitmen PKBI dan KPA

3. Jangan merasa tersudutkan – Berhentilah menganggap diri sendiri kurang potensial karena ini membuat suasana hati buruk sepanjang hari. Imbasnya adalah penurunan kinerja yang akan mempengaruhi penilaian di akhir tahun.

Sekalipun atasan akrab dengan karyawan lain, bukan kepada Anda, jangan merasa tersudutkan. Lebih baik abaikan hal tersebut dan fokuslah pada pekerjaan agar kinerja otak menurun. Jika Anda memberikan yang terbaik, percayalah cepat atau lambat, atasan pasti memperhatikannya.

Baca Juga:  Bocah Asyik Memancing Tercebur di Sungai Cimanuk

4. Perbanyak speak up – Memendam unek-unek sendirian dapat mengurangi kebahagiaan saat bekerja. Tapi jika disampaikan, tentu akan lega rasanya.

Baca Juga: Alamak! Mensos Risma Memaksa Tunarungu Berbicara

Baca Juga: Inilah Empat Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Jika ada kesempatan untuk berbicara, maka berbicaralah. Tak apa-apa to the point, yang penting kalimatnya sopan agar enak didengar.

Dengan speak up, atasan akan menganggap Anda ada di perusahaan. Kinerja Anda lebih sering diperhatikan, sehingga label “tidak adil” dalam diri atasan perlahan-lahan terhapuskan. ***