PT Pindad Rencanakan Pindah Pabrik ke Wilayah Subang, Ini Lokasi yang Dipilih

Presiden Joko WIdodo didampingi Menhan Prabowo Subianto saat meninjau PT Pindad di Bandung
Presiden Joko WIdodo didampingi Menhan Prabowo Subianto saat meninjau PT Pindad di Bandung. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNGPT Pindad merespons wacana Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal pemindahan pabrik senjata dari Kota Bandung ke kawasan industri di Kabupaten Subang. Proses pencarian lahan baru ini disebut sedang dalam tahap pengembangan.

Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose menyatakan, lokasi atau lahan baru ini direncanakan akan menggunakan area yang dimiliki oleh Kementerian BUMN di Kabupaten Subang. Bahkan PT Pindad telah melakukan peninjauan lapangan langsung terkait dengan hal ini.

Baca Juga:  Jokowi, Anwar Usman, Gibran, dan Kaesang Dilaporkan ke KPK

“Kami masih cari lokassi, ada tanah di Subang dan Kementerian BUMN. Kami sudah deal. Kami juga sudah survei lapangan awal, tapi ada beberapa alternatif, mungkin saja juga di tempat lain. Kami masih survei,” ujar Abraham, Selasa (19/9).

Baca Juga:  Gerindra Jabar Resmi Usulkan Gibran sebagai Cawapres Pendamping Prabowo di Pilpres 2024

Abraham menjelaskan pemindahan ini akan dilakukan secara bertahap dalam rentang lima tahun ke depan. Hal ini dikarenakan ada pertimbangan-pertimbangan tertentu, seperti lingkungan sekitar dan aspek keamanan yang perlu dipertimbangkan.

Baca Juga:  Subang Miliki 1.843 Kasus Stunting, Ini Kata Wabup Agus Masykur

“Persiapan kami lakukan, karena kalau bicara pindah itu Pindad ada tahapan. Mungkin sekitar 4 sampai 5 tahun ke depan. Apalagi kami industri pertahanan. Buffer zone harus diperhitungkan, karena terkait dengan bahan peledak,” jelasnya.