Ragam Jenis Ikan Yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

JABARNEWS | BANDUNG – Seperti tekanan darah, kadar kolesterol juga bisa melonjak naik lebih dari yang dibutuhkan. Kadar kolesterol tinggi tidak baik untuk kesehatan.

Selain minum obat, orang dengan kadar kolesterol tinggi perlu memperhatikan pilihan makanannya, salah satunya dalam memilih jenis ikan.

Ada banyak jenis ikan di pasaran, tapi tidak semuanya baik bagi pengidap kadar kolesterol tinggi. Ikan yang diawetkan dengan tambahan garam, seperti ikan asin atau ikan teri, salah satu jenis yang tak cocok dikonsumsi penderita kolesterol.

Baca Juga:  Untuk Mengatasi Sakit Haid Hari Pertama, Coba Lakukan Cara Ini

Oleh sebab itu berikut beberapa jenis ikan yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes yakni:

Pertama. Tuna – Ikan tuna mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Di samping itu, ikan ini juga kaya akan kalsium, zat besi, kolin, dan folat.

Semua nutrisi tersebut dibutuhkan oleh sel-sel tubuh, salah satunya vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata Anda. Kandungan omega 3 di dalam ikan ini mencapai 1,11 gram per 100 gramnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Baca Juga:  Bogor Bakal Jadi Kota Ramah Keluarga

Kedua. Ikan nila – Ikan nila boleh dimakan penderita kolesterol tinggi yang bosan dengan jenis ikan tuna. Kandungan nutrisinya pun tidak kalah lengkap dengan adanya kandungan vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

Di samping itu, nila juga kaya dengan kalsium, fosfor, kalium, selenium, dan magnesium. Per 100 gramnya terkandung 0,20 gram asam lemak omega 3.

Baca Juga:  7 Langkah Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Ketiga. Salmon – Jenis ikan ini cukup populer dengan kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya, yang boleh dimakan penderita kadar kolesterol tinggi. Dalam 100 gramnya terdapat 0,93 gram asam lemak omega 3.

Salmon menyediakan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Selain baik bagi jantung, vitamin E pada ikan salmon bermanfaat juga dalam menjaga kesehatan kulit. (Red)