Ragam Manfaat Kayu Gaharu Bagi Kesehatan Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Manfaat pohon gaharu atau Aquilaria malaccensis sebagai obat herbal sudah diakui sejak berabad-abad silam. Klaimnya bisa menjadi obat untuk asam urat, diabetes, hingga stroke. Tak hanya itu, manfaat daun gaharu dan bagian lain dari pohon ini juga diproses menjadi produk komersial seperti parfum.

Bicara soal khasiat gaharu sebagai bahan parfum, setidaknya perlu 1 ons ekstrak minyak gaharu untuk membuat 20 ml minyak esensial oud. Harganya pun sangat tinggi, membuatnya disebut sebagai penghasil kayu termahal.

Baca Juga:  BNPT: Khilafatul Muslimin Bukan Organisasi Teroris

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kmi berhasil merangkum beberapa manfaat dari kayu gaharu bagi kesehatan yakni:

Pertama. Meredakan kejang otot – Manfaat pohon gaharu dalam pengobatan tradisional digunakan sebagai ramuan untuk meredakan kejang otot. Selain itu, orang yang mendapatkan khasiat ini juga merasakan keluhan membaik terkait dengan keluhan sistem pernapasan, pencernaan, hingga menurunkan demam.

Baca Juga:  Ini Sosok Pengusaha Yang 'Ngorder' Vanessa Angel Di Hotel

Kedua. Perbaiki Sistem Pencernaan – Manfaat lain yang dapat dipetik dari pohon gaharu adalah mampu memperbaiki sistem pencernaan Anda. Beragam jenis gangguan pencernaan ini dipercaya akan mereda dan sembuh apabila diobati dengan pohon gaharu.

Kayu gaharu memiliki manfaat dapat mengatasi masalah perut, mulai dari masuk angin, sembelit, kembung atau bahkan diare. Anda bisa menggunakan pohon gaharu yang sudah diolah menjadi minyak atsiri untuk mendapatkan manfaat ini.

Baca Juga:  Mahasiswa STKIP Purwakarta Tampilkan Pergelaran Teater "Roro Jonggrang"

Ketiga. Cegah Penyakit Tumor -Manfaat pohon gaharu selanjutnya adalah mampu mengobati penyakit yang berat atau bahkan bisa disebut kronis. Ya, olahan dari pohon gaharu ini dipercaya mampu mencegah penyakit tumor yang tergolong ke dalam jenis penyakit berat.

Hal tersebut lantaran kayu gaharu memiliki kandungan flavonoid yang sangat berguna dalam melindungi kualitas dan juga kesehatan sel tubuh Anda. Tentunya hal tersebut bisa kalian manfaatkan. (Red)