Rutin Makan Ikan, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

ikan
Mengkonsumsi ikan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. (foto: istimewa)

Meningkatkan Kesehatan Otak

Menurut informasi yang diambil dari WebMD, ikan mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak. Kekurangan omega-3 dalam darah dapat meningkatkan risiko penuaan otak dini, seperti hilangnya ingatan dan masalah kognitif. Selain itu, kekurangan omega-3 juga dikaitkan dengan penurunan volume otak pada usia lanjut.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Asam lemak omega-3 juga telah terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Konsumsi rutin omega-3 dapat membantu mencegah penyakit jantung koroner dengan mengurangi pembentukan plak pada arteri, menurunkan tingkat trigliserida, dan mengendalikan tekanan darah.

Baca Juga:  Buruan Klaim 8 Kode Redeem Selasa 18 Juli 2023, Kalian Bisa Dapat Item Ini

Meredakan Risiko Depresi

Asam lemak omega-3 juga memiliki dampak positif pada kesehatan mental dengan mengurangi gejala depresi, bahkan meningkatkan respons terhadap beberapa obat antidepresan.

Baca Juga:  Politisi Malaysia Perkosa TKW asal Indonesia, Pelaku Tetap Bebas Usai Bayar Jaminan

Mendukung Kesehatan Mata

Menurut sumber Better Health, bayi yang mendapat ASI dari ibu yang mengonsumsi ikan cenderung memiliki penglihatan yang lebih baik. Ini karena ibu dapat mentransfer manfaat asam lemak omega-3 dari ikan melalui ASI. Selain itu, mengonsumsi ikan secara teratur, setidaknya dua kali seminggu, juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko degenerasi makula yang terkait dengan usia.

Baca Juga:  Nama Jessica Iskandar Jadi Trending di Google, Ada Apa?

Meredakan Kondisi Peradangan

Mengonsumsi ikan secara teratur juga dapat membantu meredakan gejala rheumatoid arthritis, psoriasis, serta penyakit autoimun lainnya.

Manfaat Tambahan

Selama kehamilan, mengonsumsi ikan dapat membantu mengurangi risiko kelahiran prematur. Ikan juga dapat membantu penderita diabetes dalam mengendalikan kadar gula darahnya. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News