Sabang Aceh Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 5.3, Tidak Berpotensi Tsunami

JABARNEWS | ACEH – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 5.3 di wilayah Kota Sabang, Provinsi Aceh, Jumat (30/4/2021) pukul 21.43 WIB.

Data BMKG, episenter terletak pada titik koordinat 5.18 Lintang Utara dan 94.20 Bujur Timur BT pada jarak 147 km Barat Daya Kota Sabang, Aceh dikedalaman 43 km.

Baca Juga:  Asah Kemampuan, Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad Gelar Latihan Menembak

Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo 5,3 kemudian di update menjadi magnitudo 5,1. Gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Dilihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi.

Baca Juga:  Bupati KBB Tersangka, Pelayanan Masyarakat Tetap Jalan

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik dengan kombinasi geser (oblique thrust fault),” ujar Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, Sabtu (1/5/2021)

Dikatakannya, dampak guncangan gempa bumi bermagnitudo 5.3 dirasakan di daerah Banda Aceh II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, getaran seakan akan truk berlalu) dan Sabang II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda tergantung bergoyang).

Baca Juga:  Tiga Ide Kitchen Set Letter L Ini Cocok Untuk Ditiru di Rumah

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” ujarnya. (Ptr)