Semua Sekolah di Pangandaran Gelar Pembelajaran Tatap Muka

JABARNEWS | PANGANDARAN – Semua sekolah di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, telah melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) pada Kamis (19/8/2021). 

Pelaksanaan PTM itu dilakukan di Pangandaran setelah pemerintah pusat memberikan kelonggaran aturan selama PPKM untuk sektor pendidikan.

Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga, Kabupaten Pangandaran, Agus Nurdin mengatakan, persiapan pelaksanaan PTM di sekolah telah dilakukan. Salah satunya dengan melakukan vaksinasi kepada guru dan siswa.

“Di kita (Kabupaten Pangandaran) sudah hampir seluruh guru telah vaksinasi. Artinya yang boleh divaksin sudah divaksin. Kecuali yang menurut skrining belum boleh, ya tidak dilaksanakan,” kata dia, Kamis (19/8/2021), dikutip dari Republika.

lm

Ia menyebutkan, total guru yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga, Kabupaten Pangandaran berjumlah sekitar 3.800 orang. Dari total guru yang terdata, hampir 100 persen sudah menjalani vaksinasi.

Baca Juga:  Mau Berat Badan Kamu Tetap Ideal, Ini 10 Tipsnya Cara Menjaganya

Agus menambahkan, vaksinasi tak hanya dilakukan kepada guru. Sejak Agustus, siswa SMP juga mulai menjadi sasaran vaksinasi Covid-19.

“Memang belum banyak kalau siswa, karena vaksin juga terbatas. Tapi kita terus menggerakkannya di sekolah,” kata dia.

Baca Juga:  Hore.. Smart SIM Diluncurkan, Apa Bedanya Dengan SIM Biasa?

Menurut dia, dari total sekitar 14 ribu siswa SMP, sekitar 3.000-4.000 orang sudah menjalani vaksinasi. Para siswa, termasuk orang tua siswa, juga menyambut pelaksanaan vaksinasi tersebut.

Ia mengakui, saat ini juga masih ada orang tua yang belum mau mengizinkan anaknya untuk melakukan vaksinasi. Untuk mengatasinya, pihaknya terus melakukan pendekatan secara personal kepada orang tua, menyampaikan vaksin itu aman untuk anak berusia 12 tahun ke atas.

“Kita juga melibatkan aparat desa melakukan pendekatan. Dan sekarang sudah mulai banyak yang mau,” kata dia.

Baca Juga:  Pasien RSUD Kota Bandung Terinfeksi Covid-19, Dinkes: Itu Hoax

Menurut Agus, presentasi siswa SMP yang telah vaksinasi memang masih kecil. Sebab, pihaknya harus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran. Sementara dinas kesehatan juga harus memperhitungkan cadangan vaksinnya. 

Namun, ia optimistis pelaksanaan vaksinasi kepada siswa di Pangandaran dapat berjalan lancar.

Ia menambahkan, untuk sementara pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Pangandaran masih difokuskan untuk siswa SMP. Namun, ke depannya vaksinasi juga akan menyasar siswa SD yang berusia 12 tahun ke atas.

“Semoga tahun ini selesai vaksinasi untuk siswa,” kata dia. (Red)