Sikap Vatikan Tegas, Tolak Restui Pernikahan Pasangan Sesama Jenis

Paus Fransiskus, piminan Vatikan. (foto: istimewa)

“Orang homoseksual memiliki hak untuk berada dalam sebuah keluarga. Mereka adalah anak-anak Tuhan dan memiliki hak atas sebuah keluarga. Tidak ada yang harus dibuang atau dibuat sengsara karenanya Apa yang harus kita buat adalah undang-undang ikatan sipil. Dengan cara itu, mereka dilindungi undang-undang,” kata Paus dalam film tersebut seperti yang dilaporkan Catholic News Agency dan dikutip CNN, 22 Oktober 2020.

Baca Juga:  Waduh! Lembang Penyumbang Kasus Covid-19 Terbanyak di Kabupaten Bandung Barat

Dalam wawancara sebelumnya, Paus Fransiskus menuturkan dia tidak menentang ikatan sipil pasangan sesama jenis. Namun, dalam film itu, pertama kalinya dia secara langsung menyatakan dukungannya.

Baca Juga:  Polres Karawang Bakal Beri Sanksi Terhadap Pelanggar PPKM Darurat

Saat menjabat Uskup Agung Buenos Aires, Paus Fransiskus menganjurkan ikatan sipil pasangan sesama jenis sebagai alternatif, di tengah perdebatan di Argentina tentang usulan melegalkan pernikahan sesama jenis.

Tidak lama kemudian, Gereja Katolik Roma Vatikan mengklarifikasi pernyataan Paus Fransiskus yang disebut mendukung aturan melegalkan ikatan pasangan sesama jenis karena tidak sesuai konteks.

Baca Juga:  Wanita di Cianjur Ini Syok Suaminya Bukan Berselingkuh dengan Wanita Lain, Tapi Ini Penyebabnya

Dalam surat yang disampaikan Sekretariat Kepausan Vatikan kepada perwakilan Gereja Katolik Roma di seluruh dunia pada 30 Oktober 2020, mereka menyatakan tidak ada perubahan soal doktrin gereja terkait pasangan sesama jenis.