Soal Sindrom Polikistik Ovarium, Para Wanita Harus Tahu Ini

Risiko PCOS bagi kaum wanita. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ DEPOK – Polycystic ovarian syndrom (PCOS) bisa menjadi ancaman serius bagi kaum wanita. Terutama mereka yang sering mengkonsumsi minuman manis.

Semakin banyak wanita mengkonsumsi minuman manis, semakin besar risiko mereka mengalami PCOS. Banyak yang infertil gara-gara itu. Lalu apakah itu PCOS?

Baca Juga:  Pemancing yang Dikabarkan Hanyut Ditemukan dengan Kondisi Depresi di Hutan Cengkrong Ciamis, Ternyata...

Dikutip herminahospital.com, PCOS atau yang biasa dikenal dengan istilah sindrom polikistik ovarium merupakan salah satu gangguan hormon yang terjadi pada wanita di masa usia subur.

Penderita PCOS tak jarang mengalami gangguan menstruasi dan memiliki kadar hormon androgen yang berlebihan dalam tubuh seorang wanita.

Baca Juga:  Seorang Pria di Depok Pilih Bunuh Diri Usai Bertengkar dengan Istri, Ini Penyebabnya

Seorang praktisi Kesehatan, dr. Andi Khomeini Takdir mengatakan, PCOS yang tidak ditangani dapat membuat pasien lebih berisiko mengalami komplikasi, mulai dari gangguan tidur, gangguan makan, kecemasan, depresi, hingga kemandulan.

Baca Juga:  Tanpa Memandang Fisik! Tiga Sikap Perempuan Ini Bisa Bikin Pria Tertarik Terhadapnya

Selain itu, PCOS juga bisa menyebabkan keguguran atau lahir bayi premature, hipertensi saat hamil, diabetes gestasional, hepatitis, serta sindrom metabolik

“Kabar baiknya? PCOS bisa dihindari dan diatasi,” kata dr. Andi melalui akun twitternya, Sabtu (24/9/2022).