Sumbawa Diguncang Gempa 5,1 SR Pagi Tadi

JABARNEWS | BANDUNG – Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat kembali diguncang gempa berkekuatan 5,1 SR, Minggu (26/8/2018), tadi pagi. Hingga berita ini diturunkan, masih dilakukan pendataan kerusakan bangunan yang diakibatkan gempa bumi tersebut.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari BMKG, Jakarta dan analisis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi gempabumi terjadi pada pukul  10:53:33 WIB. Pusat gempa bumi berada pada koordinat 07.59°LS dan 117,30°BT dengan magnitudo 5.1 SR pada kedalaman 10 km, berada pada 118 km Timur Laut, Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Baca Juga:  Tiga Cara Menyembuhkan Luka Batin Akibat Ditinggal Meninggal Dunia Orang Tersayang

’’Pusat gempa bumi berada di laut perairan sebelah timur laut Sumbawa, sebagian wilayah yang dekat dengan lokasi gempa bumi tersusun batuan yang berumur tersier hingga kuarter,’’ kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani dalam rilis yang diterima redaksi.

Baca Juga:  Waspada.. Warnai Rambut Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Lokasi tersebut terdiri dari batuan sedimen dan batuan gunungapi, batuan beku malihan dan bancuh. Sepanjang pesisir tersusun endapan alluvium yang bersifat lepas dan belum terkonsolidasi sehingga bisa memperkuat efek guncangan gempa bumi.

Berdasarkan data kedalaman pusat gempa bumi, diperkirakan gempa bumi ini disebabkan zona sesar naik Flores.

Baca Juga:  Petani Terancam Gagal Panen, Hama Wereng Mewabah

Terkait gempa yang terjadi masyarakat diimbau untuk tetap tenang, dan mengikuti arahan serta informasi dari pemerintah daerah dan BPPD setempat. ’’Masyarakat juga diminta agar tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab mengenai  gempa bumi dan tsunami,’’ imbuhnya.

Selain itu, Kasbani juga meminta agar masyarakat tetap waspada dengan kejadian gempa susulan. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat