Tangkal Hoaks, AJI Dukung Verifikasi Informasi

JABARNEWS | JAKARTA – Aliansi Jurnalis Independen mendukung inisiatif komunitas media dan masyarakat sipil untuk menangkal fake news dan hoax dengan platform Cekfakta.com ini. Sebagai organisasi wartawan, AJI berharap inisiatif ini akan lebih mendorong jurnalis dan media ikut ambil bagian lebih besar dalam upaya untuk memerangi misinformation, fake news dan semacamnya karena dampaknya sangat besar terhadap kehidupan publik.

“Verifikasi adalah salah satu standar dasar dari pekerjaan seorang jurnalis. Jadi, ini adalah bagian dari

implementasi dari praktik good journalism,” kata Ketua Umum AJI Indonesia, Abdul Manan Sabtu, (5/5/2018).

“Mafindo mendorong solusi integratif untuk melawan penyebaran hoaks di Indonesia. Selain gerakan edukasi literasi dan silaturahmi antar anak bangsa untuk meredam polarisasi, kami juga berharap upaya gotong-royong melakukan cekfakta antara media siber arus utama bersama pegiat anti hoaks seperti ini bisa menjadi salah satu solusi untuk meredam penyebaran hoaks di Indonesia,” kata Ketua Mafindo, Septiaji Eko Nugroho.

Baca Juga:  Malam Ini, Gratis Layar Tancap Zaman Now Di Purwakarta

Selain itu, Trusted Media Summit 2018 di Gran Melia Jakarta juga menghadirkan pelatihan tentang cara menangkal hoaks dan melakukan verifikasi menggunakan aplikasi yang tersedia di Internet. Pelatihan ini merupakan bagian dari rangkaian Google News Initiative Training Network yang dilakukan oleh AJI bersama Internews dan Google dan berlangsung selama dua hari untuk jurnalis dan relawan Mafindo.

Baca Juga:  Pengacara Setnov Sebut Ada Tersangka Baru E-KTP

Kegiatan ini terbuka untuk jurnalis dan masyarakat umum, tidak dipungut biaya. Serta dilangsungkan dalam Bahasa Indonesia oleh para pelatih bersertifikasi dari Google.

“Kami sangat senang dapat menggelar Trusted Media Summit sebagai bagian dari Google News Initiative. Ini merupakan momen yang tepat mengingat konteks saat ini dan sejalan dengan upaya pemerintah untuk menangkal hoaks di Indonesia.

Ajang ini merupakan bagian dari komitmen Google untuk bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan di Indonesia demi memastikan bahwa masyarakat Indonesia memiliki akses terhadap informasi yang akurat dan terpercaya,” ungkap Ryan Rahardjo, selaku Public Policy & Government Relations Senior Analyst, dari Google Indonesia.

Baca Juga:  Tiba di Qatar, Ronaldo Pimpin Timnas Portugal

Irene Jay Liu, Google News Lab Lead, APAC, menambahkan Google sangat bangga dapat berkolaborasi dengan AJI, Internews, Mafindo dan AMSI untuk melawan hoaks di Indonesia. Bersama dengan inisiatif CekFakta, google menantikan kerja sama yang lebih jauh dengan para jurnalis dari 22 organisasi media pengusung CekFakta, dan mudah-mudahan kolaborasi ini akan semakin bertumbuh. (Yfi)

Jabarnews | Berita Jawa Barat