Ternyata Inilah Manfaat Menggendong Bayi Dengan Kain

JABARNEWS | BANDUNG – Semua ibu mungkin memiliki cara sendiri untuk menggendong sang bayi. Banyak orangtua yang menganggap kegiatan lumrah ini merupakan konsekuensi mereka tanpa menyadari adanya manfaat di balik kegiatan menggendong anak. Meski kini penggunaan hipseat carrier atau stroller sangat memberikan kemudahan, tetapi menggendong bayi dengan hanya bermodalkan secarik kain masih begitu diminati.

Pesatnya informasi edukasi tentang menggendong bayi yang meliputi teknik gendong hingga manfaatnya meyakinkan para orangtua untuk kembali kepada cara mengasuh tradisional ini. Menggendong bayi ternyata dapat digunakan sebagai aktvitas orangtua dalam mengekspresikan kasih sayangnya terhadap anak. Tidak hanya itu, menggendong bermanfaat untuk menurunkan risiko post-partum depression yang kerap diderita ibu pasca melahirkan.

Baca Juga:  Warga Ciamis Ditemukan Tewas Gantung Diri Dekat Kandang Ayam

Sebuah penelitian pun menunjukan adanya perbedaan signifikan dari bayi yang digendong setidaknya 3 jam per hari ternyata memiliki kemungkinan 43% lebih jarang menangis dibandingkan bayi yang jarang digendong.

Mengacu dari penelitian yang dilakukan oleh Dr. Blois yang diterbitkan dalam jurnal berjudul “Hold Me Close: Encouraging Essential Mother/Baby Physical Contact” yang mencari tahu adanya efek hubungan psikologis antara ibu dan anak melalui kontak fisik. Penemuan lain Dr. Blois juga menunjukan bahwa aktivitas menggendong bayi dapat menjadi stimulasi terpai bagi ibu dan anak yang bahkan memiliki efek serupa seperti perawatan profesional dokter melalui jurnal “Babywearing: The Benefits and Beauty of This Ancient Tradition”. Bayi yang baru lahir memperoleh stimulasi dari detak jantung sang ibu saat digendong. Irama detak jantung akan menstimulasi bayi dan mendorongnya mengeluarkan respon secara fisik misalnya menggenggam atau mengedipkan mata. Riset menemukan bahwa bayi prematur yang seringkali digendong lebih cepat mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang positif.

Baca Juga:  Dengan Sepeda Onthel Menteri Pariwisata RI Keliling Purwakarta

Menggendong bayi bukan hanya menjadi kegiatan monopoli ibu tetapi merupakan tanggung jawab bersama termasuk ayah, nenek, kakek hingga babysitters. Bayi akan mulai mengidentifikasi lingkungan sekitar melalui suara, detak jantung, gerakan dan ekspresi wajah dari orang yang menggendongnya. Hal itu mengapa banyak bayi yang menangis ketika digendong oleh orang asing yang belum pernah ditemui sebelumnya. Beragam variasi teknik menggendong membuat anda tidak perlu khawatir terhambat aktivitasnya karena banyak dari teknik tersebut yang menawarkan keleluasaan untuk dapat bergerak maksimal.

Baca Juga:  Kenali Segera! Begini Gejala Cacar Monyet Pada Anak dan Dewasa

itulah tadi sedikit ulasan mengenai manfaat menggendong bayi menggunakan kain yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya. Semoga ulasan di atas dapat berguna dan menginspirasi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari glitzmedia.co

Jabarnews | Berita Jawa Barat