Tiga Hal Yang Bisa Membuat Manfaat Kopi Menjadi Hilang

JABARNEWS | BANDUNG – Kopi merupakan minuman yang biasa dikonsumsi banyak orang sehari-hari. Dalam kadar yang tepat, kopi bisa menjadi minuman yang menyehatkan bagi tubuh. Namun, ada beberapa kesalahan mengkonsumsi kopi yang bisa membuat manfaatnya hilang.

Beragam manfaat kopi bisa hilang seketika akibat kesalah ketika mengkonsumsi kopi. Hal tersebut tentunya mesti kalian ketahui agar tidak sia-sia ketika menikmati kopi.

Oleh sebab itu berikut beberapa kesalahan ketika mengkonsumsi kopi yang bisa menghilangkan manfaatnya yakni:

Baca Juga:  Berikut Ramalan Zodiak untuk Cancer Hari Ini

Pertama. Konsumsi Kopi Terlalu Banyak – Mengkonsumsi dalam jumlah tepat bisa berdampak positif bagi kesehatan otak. Walau begitu, ketika mengkonsumsi secara berlebihan, justru dampak buruk yang bisa muncul.

Penelitian yang dipublikasi pada Juni 2021 lalu mengungkap bahwa konsumsi lebih dari enam cangkir kopi sehari bisa berdampak buruk. Hal ini diketahui bisa memperkecil volume otak dan meningkatkan risiko demensia hingga 53 persen.

Kedua. Kopi Terlalu Manis – Banyak orang Indonesia yang menyukai kopi dengan rasa sangat manis. Sayangnya, kebiasaan minum kopi dengan rasa yang terlalu manis ini bisa berdampak buruk bagi otak.

Baca Juga:  HAN 2021, Sebanyak 1.020 Anak Dapat Remisi dari Kemenkumham

Hasil penelitian tahun 2019 mengungkap bahwa konsumsi gula berlebih pada lansia bisa berdampak buruk pada kognisi otak. Selain itu, gula darah yang tinggi bisa membuat otak menyusut, mengganggu fungsinya, serta bisa berujung masalah saluran darah.

Ketiga. Konsumsi Terlalu Sore atau Malam – Dorongan energi dari kopi bisa membantu meningkatkan semangat di siang hari. Mengkonsumsi kopi terlalu sore atau bahkan malam hari justru bisa mengganggu jam tidur dan membuat sulit terlelap di malam hari.

Baca Juga:  Simak! Tiga Teknik Latihan Pernapasan Ini Bisa Bikin Paru-Paru Sehat

Kafein diperkirakan bisa bertahan hingga 5 jam di dalam tubuh dan membutuhkan 10 jam hingga benar-benar hilang dari tubuh. Oleh karena itu konsumsi kopi terlalu sore atau bahkan malam bisa membuat jam tidurmu terganggu. (Red)