Tim SAR Gabungan Selamatkan Atlet Kano Yang Tenggelam

JABARNEWS | MAJALENGKA – Gabungan TNI Polri wilayah Majalengka Polda Jabar terdiri dari Tim SAR Angkatan Laut (TNI AL) dan Pol Air serta Brimob Polda Jabar mengadakan latihan bersama, di Lokasi Venoe Canoe Slalom Bendung Rentang, Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, Senin (6/8/2018).

Sebanyak 90 orang personel Tim SAR terdiri dari TNI AL, Pol Air, Sat Brimob, dan Satuan Sabhara Polres Majalengka diterjunkan dalam latihan ini.

Baca Juga:  Hakin PN Jakarta Pusat Sahkan Pernikahan Pasangan Beda Agama

Koordinator latihan, AKBP Indra, mengatakan, dalam kesempatan itu, Prajurit TNI AL dan Pol Air Polda Jabar melakukan simulasi penyelamatan korban tenggelam (atlet kano) di Bendung Rentang, Jatitujuh.

“Terdapat berbagai jenis pelatihan mulai dari latihan kering penyelamatan atlet, memberikan perbekalan, sandi morse, hingga cara menyelamatkan korban yang jatuh dan tenggelam pada saat mendayung.” ungkapnya.

Baca Juga:  Kenali Ciri Kucing Bahagia dan Sehat, Salah Satunya Suka Ngobrol

Indra menambahkan, saat melakukan latihan penyelamatan korban yang jatuh dan tenggelam di Bendung Rentang, Prajurit TNI AL dan Polair dengan dilengkapi pakaian serbaorange dan pelampung langsung menyelamatkan atlet yang tenggelam. Setelah itu kapal karet menghampiri dan mengambilnya lagi sembari mempraktekkan pelajaran yang didapat tentang bagaimana cara melakukan pertolongan pertama pada korban tersebut.

“Ini kita cek kondisi badannya dulu, terus kita cek ada luka apa tidak, lalu kita miringkan ke kanan dan kiri untuk mengeluarkan air yang masuk ke paru-parunya. Yang terakhir bila korban masih ada napasnya, kita kasih pernapasan buatan ke korban ini. Kegiatan tersebut berlangsung selama 30 menit dan melibatkan 9 orang prajurit di kapal tersebut.‎” tandasnya. (Rik)

Baca Juga:  Laporkan Pendeta Saifuddin Ibrahim, Ketua GNPF : Tanda Orang Sudah Kehilangan Akal

Jabarnews | Berita Jawa Barat