Waspada, Ini Gejala Infeksi Usus Yang Sering Terjadi Pada Anak

JABARNEWS | BANDUNG – Infeksi usus merupakan salah satu infeksi yang paling sering terjadi pada anak-anak. Meski umumnya tidak berbahaya, infeksi usus pada anak merupakan penyakit paling umum dan penyebab kematian tersering pada balita.

Penyebab infeksi usus dapat berasal dari virus, bakteri, atau parasit. Dari ketiga penyebab tersebut, penyebab tersering adalah infeksi usus anak akibat virus. Maka dari itu kalian mesti tau gejalanya.

Baca Juga:  Ehemm..Lagi, Jokowi Kenakan Pakaian Adat

Berikut beberapa gejala infeksi usus yang umum terjadi yakni:

Pertama. Sakit perut – Sakit perut merupakan gejala radang usus atau infeksi usus yang umum, menurut situs Mayo Clinic. Rasa sakit timbul akibat peradangan pada usus besar.

Ketika terjadi peradangan, jaringan yang bermasalah bisa membengkak dan merangsang sel saraf di sekitarnya. Lokasi nyeri pun dapat bermacam-macam, tergantung sumber awal peradangannya.

Baca Juga:  Jalur Alternatif Bogor-Cianjur Siap di Bangun

Kedua. Diare – Gejala radang usus yang kerap menyusul sakit perut adalah diare. Diare terjadi bila radang disebabkan oleh infeksi kuman (bakteri, virus, atau parasit).

Tubuh merespons kuman sebagai ancaman dan mengirimkan reaksi imun sehingga terjadilah radang.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Harian Cancer, Mulai Cari Cara Untuk Cairkan Suasana Dengan Pasangan Mu

Ketiga. Buang air besar (BAB) berdarah – Penderita kolitis umumnya tidak hanya mengalami diare, tapi juga BAB berdarah atau bahkan disertai nanah.

Ini menandakan bahwa ada luka di dalam saluran pencernaan yang disebabkan oleh radang. Kondisi inilah yang dikenal sebagai kolitis ulseratif. (Red)