WNA Asal Latvia Bobol ATM hingga Rp1,2 Miliar, Begini Modusnya

Pembobolan ATM bank dengan modus skimming. (foto: istimewa)

JABARNEWS | JAKARTA – Seorang pria warga negara asing (WNA) asal Latvia diamankan pihak kepolisian atas dugaan pembobolan ATM di wilayah Jakarta.

Atas aksi pelaku bernama Roberts Markarjancs tersebut, pihak bank mengalami kerugian yang jumlahnya mencapai miliaran rupiah.

Hasil penyelidikan sementara pihak kepolisian, pelaku berusia 46 tahun itu melakukan aksi kejahatannya dengan modus skimming. Sebagian besar ATM yang dibobol berada di wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Selatan.

Baca Juga:  Tetap Syukuri Raihan Satu Poin

Pelaku ditangkap atas laporan dari pihak bank yang telah dirugikan. Tim Opsnal Unit IV Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya di bawah pimpinan AKBP Handik Zusen dan Kompol Noor Marghantara kemudian melakukan penyelidikan.

Baca Juga:  Waduh! Ada 30 Sekolah Terafiliasi Khilafatul Muslimin

Dari hasil olah TKP, observasi dan CCTV di beberapa TKP mengarah kepada diduga pelaku. “Kemudian dari analisis CCTV didapati bahwa pelaku adalah seorang laki-laki berkewarganegaraan asing yang mengemudikan motor Yamaha Lexi,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga:  Tegas, Polisi Larang Penggunaan Petasan Di Pesta Malam Tahun Baru

Polisi kemudian mendapatkan informasi keberadaan Markarjancs di salah satu bank unit Ciganjur, Jl M Kahfi, Ciganjur, Jakarta Selatan, pada Rabu (18/5). Namun saat didatangi ke lokasi, tersangka telah meninggalkan lokasi dan mengarah ke Depok.