Yuk Terbang dari BIJB Kertajati! Dapatkan Diskon Hotel Hingga 60 Persen

JABARNEWS | BANDUNG – Kabar gembira bagi Anda yang akan melakukan penerbangan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Pasalnya, Anda bisa mendapat diskon menginap hingga 60 persen di sejumlah hotel, yang ada di wilayah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan (Ciayumajakuning).

Kemudahan bagi wisatawan dan penumpang BIJB itu telah disepakati melalui Mou pemilik hotel di bawah naungan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jabar.

“Ya, kemarin (Selasa) sudah disepakati ada special rate (harga spesial) hotel untuk penumpang atau wisatawan yang terbang di BIJB. MoU-nya ditandatangani di Hotel Aston, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon,” Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat Dedi Taufik, Rabu (10/7/2019).

Baca Juga:  Atap SD Ini Ambruk, KBM Siswa Terbengkalai

Berdasarkan nota kesepahaman itu pihak hotel memberikan potongan harga sebesar 50-60% bagi penumpang maupun wisatawan yang melakukan penerbangan melalui BIJB. Dan masa percobaan diskon hotel ini berlangsung selama empat bulan.

Sebagai syarat untuk mendapatkan diskon tersebut, lanjut Dedi, penumpang atau wisatawan cukup menunjukan tiket atau boarding pass penerbangan.

Dedi menjelaskan, hal ini merupakan salah satu upaya promosi untuk meningkatkan tingkat kedatangan penumpang di BIJB semenjak dialihkannya sejumlah rute penerbangan dari Bandara Husen Sastranegara per 1 Juli kemarin.

Baca Juga:  Tiga Jenis Warna Dinding Agar Kamar Aesthetic

Menurutnya, penguatan BIJB harus dilakukan oleh berbagai pihak. Kesepakatan ini juga sebagai bentuk dukungan menyusul kebijakan bus Damri dari Bandung ke Kertajati digratiskan selama setahun penuh.

“Sekarang sudah berlaku, memang belum semua hotel. Tapi sosialisasi terus berjalan,” katanya.

Sementara itu, Ketua PHRI Jabar, Herman Muhtar mengatakan kesepakatan tersebut guna menggenjot jumlah kunjungan wisata ke wilayah Ciayumajakuning, menyusul peralihan sejumlah rute penerbangan dari Husein Sastranegara ke BIJB pada 1 Juli lalu.

Baca Juga:  Polrestabes Bandung Segera Lakukan Penyelidikan Kebakaran Pasar Induk Gede Bage

Lanjut Herman, kebijakan tersebut diujicobakan selama empat bulan. Apabila hasilnya memuaskan, maka pemberian diskon akan diperpanjang selama setahun penuh.

“Kami akui, kalau (pemberian diskon) ditinjau dari sisi bisnis, hitungannya ya rugi. Tapi ini untuk dukungan pemerintah sekaligus BIJB. Kalau trennya bagus, ini akan berdampak positif untuk industri hotel,” katanya.

Kendati demikian,Herman berharap pihak terkait terutama para kepala daerah yang ada di kawasan Ciayumajakuning, untuk sigap mempersiapkan destinasi pariwisata yang ada di kawasannya. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat