1.551 Personel Gabungan Diterjunkan Amankan Pilkades di Majalengka

JABARNEWS | MAJALENGKA – Sebanyak 1.551 personel gabungan dari kepolisian, TNI, Satpol PP dan Linmas dikerahkan untuk pengamanan dan mencegah hal-hal yan tidak diinginkan pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Majalengka.

Kapolres Majalengka, AKBP Mariyono mengatakan siap mengamanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Majalengka, yang akan dilaksanakan pada Sabtu (2/11/2019) besok. Hal tersebut, ditandai dengan upacara gelar pasukan pengamanan Pilkades serentak tahun 2019, di Halaman Mapolres Majalengka, Jumat (1/11/2019).

“Hari ini, seusai upacara gelar pasukan pengamanan Pilkades, semua personel gabungan langsung geser ke setiap desa yang menyelenggarakan Pilkades serentak tahun ini. Untuk Polri yang kita terjunkan ada 705 personel dan TNI 423 personel serta Satpol PP dan Linmas sebayak 423 personel,” ujarnya.

Baca Juga:  Imam Masjid Dianiaya saat Shalat Subuh, Pelaku Bilang Begini

Menurut Kapolres, personel gabungan yang terdiri dari Polres Majalengka dan Kodim 0617/Majalengka serta dibantu oleh aparat kemananan dari unsur pemerintah, akan langsung menyebar ke 141 desa.

“Untuk di Kabupaten Majalengka, ada 183 calon kades yanga akan bertarung di Pilkades serentak tahun ini dan mereka tersebar di 141 desa,” ujarnya.

Menurut Kapolres, petugas gabungan tersebut, nantinya akan melakukan pengamanan selama tiga hari. Sejak H-1 dan hari pelaksanaan hingga H+1 atau pasca Pilkades.

Baca Juga:  BEC Kebakaran, Petugas Turut Sibuk Ingatkan Warga Hindari Kerumunan

Kapolres menambahkan, bahwa sesuai kontijensi, nantinya ada 5 personel Polri di setiap desa, ditambah TNI 3 personel dan dari pemerintahan, baik itu dari Satpol PP maupun Linmas, sebayak 5 personel.

“Artinya, di setiap desa ada 13 personel yang mengamankan pada pelaksanaan Pilkades serentak 2019 di Kabuaten Majalengka ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres menegaskan, untuk mengantisipasi Pilkades di daerah yang rawan konflik, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Polda Jabar.

“Untuk mengantisifasi situasi kontijensi, kita siapkan anggota Brimob Polda Jabar 1 kompi dan BKO dari Polres Indramayu 2 pleton,” tandasnya.

Baca Juga:  Begini Cara Akses Program Kartu Prakerja Lewat Platform Digital

Berdasarkan pemetaan, menurut Kapolres, bahwa ada 17 desa dinyatakan rawan terjadi konflik Pilkades.Kendati demikian, hingga saat ini, situasi keseluruhan di wilayah Kabupaten Majalengka, terpantau aman dan kondusif.

“Kami menghimbau pada masyarakat yang memiliki hak pilih menggunakan hak pilihnya, sehingga pesta demokrasi berjalan sesuai harapan,” himbaunya.

Tak hanya itu, Kapolres juga mengajak untuk bersama-sama menciptakan situasi yang aman dan kondusif, baik sebelum maupun pasca pelaksanaan Pilkades serentak 2019 ini.

“Untuk semua pihak diharapkan menjaga kondisi kamtibmas agar tetap aman. Termasuk seluruh komponen masyarakat juga turut bersama-sama menjaga situasi kondusif,” pungkasnya. (Red)