Agar Rumah Kalian Terhindar Dari Sambaran Petir, Begini Caranya

JABARNEWS | BANDUNG – Sambaran petir sangat berbahaya. Jika mengenai manusia bisa merenggut nyawa. Bahkan rumah atau bangunan tersambar petir bisa mengalami kerusakan, retak-retak, gosong akibat terbakar.

Selain itu cahaya yang menghasilkan listrik kekuatan tinggi ini dapat merusak barang-barang elektronik di dalam rumah. Termasuk instalasi listrik di rumah kalian.

Oleh Sebab itu berikut beberapa cara agar rumah tidak tersambar petir:

Pertama. Pastikan instalasi listrik tidak bermasalah – Penting untuk memeriksa instalasi listrik di rumah. Jangan sampai ada kabel yang terkelupas, arus pendek, atau hal apapun yang bisa mengundang sambaran petir. Pastikan arus listrik di rumah terlindungi dan aman. Terlebih saat sedang hujan disertai petir, cabut alat-alat yang bisa memicu sambaran petir.

Baca Juga:  Sempat Terputus, Jalur Darat Majene-Mamuju Kembali Pulih

Pencabutan alat-alat, khususnya alat elektronik, ini perlu dilakukan sebab meski teknologi sudah canggih, dimana kebanyakan alat elektronik memiliki fitur khusus agar tidak tersambar petir, tetap akan jauh lebih aman jika daya atau arus listriknya dicabut.

Kedua. Pangkas pohon besar dekat rumah – Seperti sudah dijelaskan di atas, petir bisa menyambar apa saja, termasuk pohon. Petir yang menyambar pohon ini sebenarnya tidak berdampak langsung pada rumah dan penghuni di dalamnya.

Baca Juga:  Doni Monardo Minta Seluruh Kapolda Berani Tutup Tempat Wisata yang Langgar Prokes

Tapi, tidak demikian dengan imbasnya. Pohon yang tersambar petir bisa tumbang, bahkan terbakar. Maka akan sangat berbahaya jika pohon yang tersambar petir berada dekat rumah.

Ketiga. Pakai penangkal petir – Indonesia bisa dibilang surganya petir. Soalnya, wilayah Nusantara yang terdiri dari darat, laut, dan udara terbentang luas sepanjang 5.110 kilometer dari barat hingga ke timur khatulistiwa. Garis meridiannya sendiri membujur dari utara ke selatan sepanjang 1.888 Km.

Baca Juga:  Hati-hati Jika Mata Kalian Berwarna Merah, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Luas wilayah darat dan laut Indonesia ini membuat semua unsur pembentuk petir tersedia dalam jumlah yang melimpah. Karena faktor di atas, sangat dianjurkan untuk memasang penangkal petir eksternal dan internal.

Untuk rumah bertingkat, penangkal petir bisa dipasang diujung bagian tertinggi rumah. Selain itu, sebaiknya rumah juga dilengkapi penangkal petir internal yang dipasang di panel listrik atau setiap barang elektronik. Cara ini bisa meminimalisir dan melindungi rumah dari bahaya sambaran petir. (Red)