Bisa Menghilangkan Stretch Mark Pada Kulit, Ini Manfaat Biji Buah Jarak

JABARNEWS | BANDUNG – Jarak memiliki nama latin Ricinus communis merupakan golongan tumbuhan liar setahun dan biasa terdapat di hutan, tanah kosong, di daerah pantai, tetapi sering juga dikembangbiakkan dalam perkebunan.

Tanaman ini juga termasuk tanaman perdu, memiliki daun tunggal menjari antara 7 – 9, berdiameter 10–40 cm. Tumbuhan ini merupakan spesies tanaman dari Euphorbiaceae dan tergolong ke dalam genus Ricinus, subtribe Ricininae.

Selain bermanfaat untuk bahan bakar minyak, biji buah jarak juga bermanfaat bagi kesehatan. Oleh sebab itu kami rangkum manfaat dari biji buah jarak untuk kesehatan. Diantaranya:

Baca Juga:  Perkosa Penumpang, Sopir Travel Ink Ditangkap Polres Labuhanbatu

1. Obat Rematik – Biji jarak kaya akan asam oleat, asam risinoleat, asam linoleat dan berbagai jenis asam lemak. Ketiga asam ini sangat bermanfaat dalam mengobati encok dan rematik.

2. Meredakan nyeri menstruasi – Pendarahan yang berlebihan bisa membuat mereka anemia dan menyebabkan depresi dan insomnia. Sifat emmenagogue asam risinoleat yang ditemukan dalam minyak biji jarak membuka aliran menstruasi dan meredakan rasa sakit serta kram.

Baca Juga:  Duh! PT KCIC Diduga Tidak Patuhi SOP

3. Merangsang proses laktasi – Minyak jarak memudahkan aliran susu dan meningkatkan jumlah susu. Asam lemak yang terkandung dalam minyak biji jarak memastikan pasokan susu secara teratur pada ibu menyusui dan meningkatkan jumlah susu saat bayi tumbuh.

4. Dapat Menghilangkan Stretch Mark – Pengaplikasian minyak biji jarak memang bukan masalah bagi kulit kering, kulit berjerawat, dan stretch mark. Minyak jarak digunakan dalam krim anti-stretch mark yang berbeda untuk mencegah pembentukan stretch mark selama kehamilan atau saat Anda kehilangan berat badan.

Baca Juga:  2 Agustus, DPW PKB Umumkan Cagub Jabar

5. Pelembab Kulit – Minyak jarak berfungsi sebagai pelembab yang kaya. Karena sarat dengan asam lemak, maka minyak jarak akan secara mudah menembus kulit, memberikan bantuan instan dari kulit yang kering dan pecah-pecah.

Penulis: Muhammad Amaludin