Dipercaya Dapat Mencegah Jerawat, Berikut Manfaat Gula Merah

JABARNEWS | BANDUNG – Pemanfaatan gula merah di Indonesia sudah ada sejak zaman dahulu, seperti digunakan untuk pemanis alami makanan dan minuman.

Gula merah, atau yang biasa disebut orang Jawa sebagai Gula Jawa, menyimpan sejuta manfaat untuk tubuh manusia. Dilansir dari beberapa sumber, Berikut manfaat gula merah bagi kesehatan:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh – Ketika kamu merasa lelah dan tidak berenergi, mengonsumsi gula merah bisa menjadi salah satu solusinya. Gula merah diketahui dapat meningkatkan energi tubuh secara cepat dan instan. 

Baca Juga:  Polri Siapkan 316 Titik Pembatasan Pengendalian Mobilitas di Seluruh Indonesia

Selain itu gula merah juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat ini diperoleh dari kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan tersebut memiliki peran untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Meredakan nyeri sendi – mengonsumsi gula merah dan sepotong jahe dapat membantu meringankan nyeri sendi. Kamu juga dapat meminum segelas susu hangat dengan tambahan satu sendok makan gula merah, maka akan memperkuat tulang dan menjauhkan dari masalah kesehatan tulang.

Baca Juga:  Banjir Rendam 3000 Rumah Lebih di Balangan Kalsel

3. Mengurangi Nyeri Perut Saat Haid – Potasium yang terkandung pada gula merah dapat membantu otot rahim lebih rileks. Hal ini sangat bermanfaat bagi wanita, karena mampu mengurangi kontraksi yang muncul ketika haid datang.

Baca Juga:  Gempa Landa Toba Samosir dan Aceh, Tidak Potensi Tsunami

4. Mencegah Asma – Gula merah memiliki sifat anti alergi, sehingga dapat mencegah serangan asma berulang, batuk, pilek, serta bersin-bersin.

5. Mengurangi dan Mencegah Jerawat – Gula merah bisa digunakan sebagai masker ataupun dikonsumsi secara langsung. Ini akan mengurangi risiko kemunculan jerawat  di wajah maupun tubuh Anda.

Penulis: Muhammad Amaludin