Disandera Majikan, TKI Ini Akhirnya Bisa Pulang

JABARNEWS | SUBANG – Seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Kabupaten Subang, Een Rohyati mengaku “disandera” selama 12 tahun oleh sang majikan di negara Arab Saudi. Dan selama bekerja, ia diperlakukan seperti budak juga tidak menerima gaji sepeserpun.

“Alhamduliah lebaran hari ini saya bisa berkumpul lagi bersama anak, suami dan seluruh keluarga,” kata Een, Sabtu (16/6/2018).

Kata Een, selama bekerja ia hanya diberi waktu dua jam untuk bisa istirahat, setiap harinya.

“Di rumah majikan ada 13 orang, Majikan saya sangat keras saya bahkan tidak bisa keluar,” kata perempuan asal Kampung Batununggul Desa Balingbing Kecamatan Pagaden Barat Subang, Jawa Barat ini.

Namun setelah videonya viral di medsos beberapa waktu lalu, akhirnya dirinya bisa kembali ke tanah air dan berkumpul kembali bersama keluarga.

Baca Juga:  Sampurasun Purwakarta, Mudahkan Informasi Pariwisata Purwakarta

“Waktu itu majikan sakit, saya disuruh kepasar. Di Pasar saya ketemu dengan orang Indonesia juga yang merekam dan mengirimnya ke facebook,” ungkapnya.

Tidak berhenti disitu, Keluarga Een di Indonesia berusaha dengan berbagai cara agar Een bisa kembali ke Indonesia.

Suami Een, Acum bersama anaknya sempat mengadukan kejadian yang dialaminya ke DPR RI.

“Waktu itu saya ditemani Pak Nurul Mu’min mengadu ke Ibu Linda Megawati, dan datang ke kantornya, di DPR RI, di Jakarta, dan hari itu juga kita di bawa oleh ibu Linda Megawati ke kedutaan Arab Saudi, dan di pertemukan dengan Dubes Arab Saudi, Mr. Osama, yang menyatakan akan membantu, agar Een bisa di pulangkan ke indonesia, dan di bayar gajinya selama 12 tahun,” ungkap Acum.

Baca Juga:  Khasiat Daun Salam Bisa Hilang Ketika Disimpan Dalam Freezer? Ini Kata dr. Tania Inggrid

Sebagai bentuk terima kasih, Een beserta keluarga besar bersilaturahmi dengan mendatangi kediaman Anggota DPR RI Linda Megawati tepat di hari Raya Idul Fitri.

“Hari ini kami bisa bertemu langsung dengan Bu Linda untuk berterima kasih. Karena atas perjuangan beliaulah kami sekeluarga bisa berkumpul lagi,”ucapnya.

Een beserta keluarga mengucapkan terima kasih kepada Kementrian Tenaga Kerja, Dubes Arab Saudi Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi, Dubes Indonesia di Arab Saudi dan Anggota DPRD Subang Nurul Mumin dan Semua pihakn yang telah membantunya.

Baca Juga:  Mengenal Tugas Dan Peran Seorang Arsitektur Profesional Yang Jarang Diketahui

Sementara itu, Anggota DPR RI Linda Megawati SE MSi mengucapkan syukur alhamduliah Een bisa berkumpul lagi bersama keluarga dan hak-haknya selama bekerja dibayarkan sepenuhnya.

“Alhamdulilah bisa kembali ke Indonesia dengan selamat dan Seluruh Gajinya bisa dibayarkan. Saya juga ucapkan terimankasih atas bantuan dan koordinasinya selama ini, kepada Dubes Arab Saudi Mr Osama bin Mohammed, Mr Saad kemudian Dubes Indonesia untuk Arab Saudi Pak Agus, juga Menteri Tenaga Kerja Pak Hanif yang telah membantu pemulangan Een,”ungkapnya. (Mar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat