DPRD Jabar Optimistis Program Sejajar Dapat Berjalan Baik

JABARNEWS | BANDUNG – Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat menilai SMK-SMK di Jawa Barat dapat mewujudkan program Dinas Pendidikan dengan Sekolah Jabar Juara (Sejajar). Hal itu ditinjau dari kemandirian dan inovasi yang dikembangkan dari sekolah kejuruan tersebut.

Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat, KH Habib Syarief Muhamad mengatakan, dewan merasa lega setelah melihat langsung ke lapangan bahwa di SMK memang dituntut untuk mencetak siswa yang siap berdaya guna.

“Ya Alhamdulillah setelah kita kunjungan ke 2 SMK ini kita banyak mendapatkan masukan ternyata yang pertama rata-rata SMK yang ada di daerah ini punya kemandirian sendiri. Artinya tidak hanya sekedar mengandalkan bantuan pusat saja tetapi mereka juga inovasi,” ujar Habib di SMK Plus Suryalaya, Kabupaten Tasikmalaya, beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Anggota DPR Ini Beberkan Masalah Proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung, Rumit?

Habib menambahkan, ternyata di luar dugaan perkembangan SMK di daerah ini cukup cepat walaupun pihaknya juga coba mencatat ada beberapa kendala-kendala yang dihadapi SMK-SMK di daerah. Kendala tersebut dari sisi fasilitas seperti laboratorium, gedung, alat praktikum dan lain-lain ini juga tentunya jadi tantangan dan tanggung jawa dewan kedepannya untuk mendukung dari sektor anggaran.

Baca Juga:  Peredaran Miras Marak, Bupati Bandung: Musnahkan Mental Pemabuk

“Ini juga tidak kalah penting, kami yakin tidak semuanya dapat terealisasi dengan maksimal tapi paling tidak ada yang menjadi prioritas dalam pengembangan setiap SMK di daerah,” ucapnya.

Bahkan, lanjut Habib, dengan adanya program Teaching Factory merupakan program yang menjembatani antara sekolah dengan dunia industri atau usaha yang memiliki kesamaan bidang keterampilan. Sehingga, program tersebut bakal mendidik siswa SMK agar mampu memproduksi barang ataupun jasa layaknya perusahaan.

Baca Juga:  Krisis Air Bersih, Warga Kadipaten Cuci Pakaian di Air Sungai Keruh

“Teaching factory ini menjadi salah satu syarat yang cukup menentukan. Kami akan coba mengawal lebih jauh sampai sejauh mana agar supaya anggaran-anggaran untuk bidang pendidikan bisa diserap oleh beberapa SMK khususnya di daerah,” katanya.

Dirinya berharap, semua SMK yang ada di Jawa Barat dapat menjalankan program pemerintah dalam bidang pendidikan yakni dapat mencapai target Sekolah Jabar Juara. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat