Erupsi Gunung Sinabung Semburkan Debu Vulkanik 1000 Meter ke Udara

JABARNEWSI | KARO – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu vulkanik 1000 meter diatas puncak gunung, Selasa (27/4/2021) sekira pukul 08.12 WIB.

Pos Pemantau gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Armen Putra mengatakan, erupsi gunung Sinabung dengan tinggi kolom abu 1000 meter diatas puncak (± 3.460 m di atas permukaan laut).

Baca Juga:  Komplotan Pencuri Mobil Diringkus Polres Tasikmalaya

“Tadi pagi terjadi erupsi gunung Sinabung dengan tinggi kolom abu 1000 meter,” terangnya.

Dijelaskannya, kolom abu teramati berwarna putih dengan intensitas tebal condong ke arah selatan dan barat daya. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 46 mm dan durasi ± 3 menit 44 detik.

Baca Juga:  PJT II Jatiluhur Jadi Tuan Rumah TKRN PMI 2018

“Status gunung Sinabung berada pada Status level III (Siaga),” ujar Armen.

Dia meminta, masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Baca Juga:  76 Tahun Indonesia Merdeka, Ridwan Kamil: Perang Lawan Covid-19 Belum Berakhir

“Kika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik,” bilangnya. (Ptr)