Ini Bahayanya Jika Kalian Sering Mengkonsumsi Beras Mentah

JABARNEWS | BANDUNG – Beras mentah yang tidak dicuci atau diolah dengan baik, lalu dimakan begitu saja dapat memancing bakteri masuk ke dalam tubuh dengan semakin mudah. Padahal untuk menjaga kesehatan tubuh, sebaiknya tidak terlalu asal dalam mengkonsumsi makanan tertentu.

Bakteri yang terdapat pada berat mentah akibat tidak dilakukan pengolahan dengan baik sebelum dimakan dapat berisiko menyebabkan diare. Apalagi kandungan lektin dapat memicu perut menjadi kurang nyaman hingga diare saat beras mentah dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga:  Oli Motor Sering Bocor? Jangan-jangan Ini Penyebabnya

Oleh Sebab itu berikut bahaya jika mengkonsumsi beras mentah yakni:

Pertama. Membuat Mual – Dilansir dari Livestrong, bakteri Bacillus cereus yang terdapat di dalam beras mentah diam-diam dapat memicu rasa mual, sehingga membuat aktivitas keseharian menjadi kurang nyaman.

Selain beras mentah sulit untuk dicerna karena mengandung lapisan selulosa di bagian luarnya, beras mentah juga dapat memicu rasa mual hingga menyebabkan seseorang ingin muntah.

Kedua. Keracunan makanan – Kenapa bisa menyebabkan keracunan ketika makan beras mentah? Karena, beras sendiri menampung bakteri yang berbahaya. Bakteri yang ada di beras mentah adalah Bacillus cereus (B. Cereus). Bahkan, fakta penelitian adalah terdapat B. cereus di setengah sampel beras.

Baca Juga:  Harga Mangga Di Majalengka Anjlok, Rambutan Melambung

B. cereus adalah bakteri yang biasanya ditemukan di dalam tanah dan bisa mencemari beras yang mentah. Bahkan, bakteri ini mampu membentuk spora, yang bisa membantu kalian untuk bertindak sebagai perisai dan hal yang memungkinkan lagi adalah bertahan hidup ketika dimasak.

Ketiga. Meningkatkan risiko terkena cacingan – Kebiasaan mengkonsumsi beras mentah dapat berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya dapat memicu kemungkinan mengalami cacingan. Terkontaminasi kuman hingga bakteri tertentu dari lingkungan sekitar membuat kebersihan beras mentah tidak bisa diketahui secara pasti.

Baca Juga:  20 Kepala Desa Di Tasik Nyalon Di Pileg 2019

Bahkan kemungkinan beras mentah terdapat telur cacing mungkin saja terjadi, sehingga saat dikonsumsi sistem pencernaan akan terkontaminasi dan menyebabkan peluang mengalami cacingan. Telur cacing yang bentuknya kasat mata tidak menutup kemungkinan dapat memicu beras mentah menjadi terkontaminasi dan berkembang biak di dalam tubuh. (Red)