Jelang Mudik, Dishub Ciamis Inventarisir Rambu

JABARNEWS | CIAMIS – Dinas Perhubungan (Dishub) Ciamis menginventarisir rambu-rambu lalu lintas, dalam rangka menghadapi mudik lebaran. Terutama untuk rambu portable pengalihan arus, sebagai upaya antisipasi kepadatan arus dari arah Garut dan Bandung.

Sekretaris Dinas Perhubungan Ciamis, Eddy Yulianto, mengatakan, pasca beroperasinya Tol Cipali, seharusnya jalur selatan mengalami penurunan, akan tetapi pada arus balik nantinya diprediksi akan mengalami kepadatan kendaraan lantaran para pengendara memilih jalur selatan.

Baca Juga:  Kedatangan Transmigran Asal Jatim dan DIY ke Sulbar Dapat Sambutan Hangat, Ini Pesan Gubernur

“Bila terjadi macet di Gentong maupun di Tasikmalaya, pengalihan bisa langsung dari Ciamis menuju tol Cipali. Pintu masuknya bisa dari Majalengka atau Cirebon. Sementara untuk rambu portabel pengalihan arus itu akan dipasang di setiap persimpangan agar pemudik, terutama yang baru, tidak salah jalan menuju Tol Cipali,” jelasnya, Kamis (31/05/2018) dikutip HarapanRakyat.com.

Eddy menambahkan, bahwa kondisi jalur utara Ciamis yang merupakan jalur provinsi kondisinya sudah cukup baik. Sebab, akhir tahun 2017 lalu Pemprov Jabar memasang 42 penerangan jalan umum (PJU) di berbagai titik. Sehingga, jalanan tidak gelap dan pengendara bisa lebih tenang saat melintas pada malam hari.

Baca Juga:  Inilah Beberapa Larangan Dilakukan Kepala Daerah dan ASN Jelang Pilkada

Saat ini, Dishub Ciamis mengusulkan pemasangan PJU di jalur selatan yang menggunakan jaringan listrik. Pasalnya, PJU solar sell mudah rusak dan baterai PJU banyak yang dicuri menyebabkan padam.

Baca Juga:  Walah, Pencairan Dana Intensif Nakes di Tasikmalaya Terkendala Masalah Administrasi

“Menghindari pencurian itu, Dishub Ciamis mengusulkan kepada pusat untuk memasang PJU konvensional atau yang menggunakan jaringan listrik PLN. Selain itu, secara umum Dishub Ciamis mulai memperbaiki prasarana lalu lintas seperti traffic light, warning light serta PJU yang berada di jalur nasional III,” pungkasnya. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat