Keramas Dengan Air Dingin Membuat Rambut Anda Seperti Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Terkadang kita tidak menyadari bahwa rutinitas yang dilakukan sehari-hari dapat memengaruhi kondisi kesehatan. Suhu air yang digunakan untuk melakukan keramas merupakan salah satu hal yang sebaiknya anda diperhatikan. Air hangat mungkin saja dapat memberikan efek relaksasi yang menenangkan bagi anda, sementara tubuh menjadi lebih segar bila menggunakan air dingin. Akan tetapi tahukah anda mana yang sebaiknya digunakana untuk keramas? Air hangat atau air dingin? Berikut di bawah ini adalah penjelasannya:

Air Hangat

Keramas dengan menggunakan air hangat merupakan salah satu cara terbaik untuk membersihkan kulit kepala dan rambut. Air hangat dapat membantu membuka pori-pori kulit dan turut membilas sel kulit mati. Selain itu, suhu yang tinggi pun dapat meningkatkan kelembapan pada rambut, sehingga produk perawatan yang digunakan akan terpentrasi dengan maksimal. Namun penggunaan air hangat dapat menyebabkan rambut menjadi rontok dan kering akibat berkurangnya kekuatan pada bagian akar.

Baca Juga:  Bem Dakwah Gelar Baksos Bagi Kaum Disabilitas

Tak hany itu penggunaan air hangat dapat membuat hilangnya minyak alami pada rambut dan membuat kelembaban alami rambut hilang yang pada akhirnya membuat rambut anda menjadi mudah kusut.

Air Dingin

Berbeda halnya dengan air hangat, penggunaan air dingin saat keramas dapat membantu memperlancar peredaran darah di kepala. Rutinitas ini akan membuat akar rambut menjadi lebih kuat, melindungi tiap folikel lebih halus dan juga berkilau. Namun sayangnya, penggunaan air dingin tidak dapat membersihkan kulit kepala dan rambut secara optimal, serta cenderung membuatnya menjadi lebih cepat berminyak.

Baca Juga:  Ini Pesan Emil Buat Kontingen Jabar di PON XX Papua

Oleh karena itu, pakar teknik kimia dan kecantikan dari Universitas Stanford, California, Erica Douglas menyarankan untuk kombinasikan penggunaan air dingin dan air hangat saat melakukan keramas. Hal ini pun diterapkan oleh berbagai penata rambut profesional, yaitu dengan membasuh rambut menggunakan air hangat terlebih dulu sebelum dan sesudah mengaplikasikan sampo, lalu diakhiri dengan bilasan air dingin untuk membilas kondisioner.

Baca Juga:  Hajat Huluwotan 2019, Wakil TP PKK Jabar: Momen Menjaga Tradisi

Kedua tahapan tersebut membantu mengoptimalkan kebersihan kulit kepala dan juga rambut, serta mampu menjaga keindahannya. Namun pastikan anda menggunakan suhu yang tidak terlalu panas ataupun dingin agar tidak merusak kondisi rambut dan kulit kepala anda.

Itulah tadi penjelasan mengenai suhu air yang baik untuk digunakan saat keramas. Semoga info di atas dapat bermanfaat dan menginspirasi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari glitzmedia.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat