Kualitas Mekanik Dongkrak Penjual

JABARNEWS | BANDUNG – PT. Astra Honda Motor mengaku peningkatan kualitas mekanik lewat ajang Astra Honda Technical Skill Contest 2018 akan mendorong penjualan. General Manager Technical Service Division AHM Wedijanto Widarso mengatakan mekanik akan lebih banyak bertemu dengan konsumen.

“Kalau mekanik terstandarisasi dengan baik maka konsumen akan puas dalam pelayanan. Nantinya konsumen tak perlu disuruh saat akan membeli motor baru pasti akan memilihnya,” kata Wedijanto di Dealer Daya Motor, Jl. Soekarno Hatta Bandung, Selasa (14/8/2018).

Ia menambahkan mekanik akan lebih banyak bertemu dengan konsumen daripada sales. Sehingga, ia melanjutkan Astra Honda juga menggelar kompetisi untuk meningkatkan pelayanan Honda kepada konsumen.

Baca Juga:  Perwakilan 10 Negara Bahas Ekosistem Pesisir di IPB Bogor

“Kami tidak hanya mengedepankan Teknikal skill saja, namun lebih fokus layanan bagaimana standarisasi dealer operation standar dalam melayani konsumen. Sehingga mereka mau balik ke delaer,” katanya.

Tahun ini, ada 27 peserta untuk peserta mekanik AHASS, mekanik big bike dan Service Advisor. Mereka menjalani uji kompetensi dari tingkat kota/kabupaten, setelah itu naik ke tingkat regional dan pada tahap final di Bandung. Tak hanya itu, sistem baru menggabungkan antara mekanik dan service advisor tak seperti tahun sebelumnya.

Baca Juga:  Efek Domino Virus Corona, Pemuda Miliki Peran Besar di Masa Transisi Saat Ini

“Sistem ini untuk mendekatkan dengan realita di lapangan,” ujarnya.

Winaryanto, salah satu juri dalam kompetisi ini mengatakan para teknisi dilatih tidak hanya mengatasi masalah soal sepeda motor namun juga dikenalkan dengan teknologi terbaru dari Honda dan penanganannya.

Dalam ajang ini digunakan motor Honda PCX dan Honda Scoopy. Salah satunya poin bahwa jika ada masalah motor Honda terbaru tak mengeluarkan tanda lewat kedipan lampu indikator namun lewat kode-kode.

Baca Juga:  Polres Majalengka Telusuri Jaringan Narkoba

“Ini harus mampu ditangani mekanik lewat alat-alat khusus,” katanya.

Tak hanya itu, teknologi smartkey kini juga sudah mulai diaplikasi dalam motor Honda terbaru. Misalnya, bagaimana mengatasi jika remote smartkey hilang, maka harus bisa memasukan id tech untuk mendapatkan remote baru.

Direktur Marketing AHM, Thomas Wijaya mengatakan kompetisi ini untuk mengimbangi teknologi produk yang terus meningkat. Apalagi produk Honda sudah melakukan lompatan teknologi.

“Perlu kita tingkatkan kemampuan mekanik dan service advisor,” tutupnya. (Rnu)

Jabarnews | Berita Jawa Barat