Masih Mampu, Sementara Tak Terima Bantuan Asing

JABARNEWS | JAKARTA – Komandan satuan tugas (Dansatgas) Penanggulangan Gempa Lombok NTB memastikan penyaluran bantuan untuk korban tidak ada dari negara lain.

“Sesuai petunjuk komando atas, jadi sementara tidak ada bantuan dari luar,” kata Dansatgas Penanggulangan Gempa Lombok, Kolonel Ahmad Rizal Ramdhani di halaman kantor Bupati Lombok Utara, Jumat (10/8/2018).

Baca Juga:  Muru Indung Cai untuk Menjaga Kelestarian Mata Air

Dikutip dari detiknews.com, Rizal mengatakan sudah ada bantuan dari negara lain yang masuk, namun bantuan itu masih ditahan dan belum diterima.

“Jadi memang ada beberapa kemarin sempat datang. Cuma kami sampaikan kami hold dulu, kami tahan supaya tidak ada kegiatan dari luar negeri,” ujarnya.

Baca Juga:  Selain Himpun Donasi, Paguyuban Pasundan Serukan Boikot Produk Israel

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah terbuka atas pihak asing yang ingin memberikan bantuan untuk korban bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Namun, hingga kini dia menegaskan pemerintah masih mampu mengatasi persoalan bencana tersebut.

Baca Juga:  40 Persen Lulusan Tasa Sudah Diterima Kerja

“Ya kita terbuka menerima bantuan, karena masyarakat di sana memerlukan. Tapi kita sendiri juga masih mampu mengatasi itu dalam membangun kembali rumah-rumah yang rusak nanti,” kata Jokowi saat ditemui wartawan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (10/8/2018). (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat