Permudah Layanan, Dinkes Pangandaran Luncurkan E-Puskesmas

JABARNEWS | PANGANDARAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pangandaran meluncurkan sistem baru bernama E-Puskesmas. Program baru yang langsung diresmikan Wakil Bupati Pangandaran, H Adang Hadari itu sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Pangandaran.

“Yang sudah pasti adalah sistem ini bermanfaat untuk mempercepat laporan ke provinsi dengan lebih cepat serta tidak memakan banyak waktu,” kata Yani.

Yani menambahkan, sistem tersebut dapat diakses siapa saja. Bahkan, aplikasi tersebut sudah terhubung ke seluruh puskesmas yang ada di Pangandaran, termasuk ke UPTD Farmasi, Laboratorium, dan Dinkes Pangandaran.

Baca Juga:  Surat Rekomendasi Nama Balon Cawabup Bekasi Usulan Golkar Diserahkan ke Bupati

Kelebihan lain dari aplikasi ini, kata Yani, yaitu bisa membantu masyarakat dalam proses rujuk ke rumah sakit. “Aplikasi ini hasil kerjasama dengan Telkom, BPJS dan juga Rumah Sakit. Semoga dengan lebih mudahnya pelayanan masyarakat akan berdampak lebih baik dari sebelumnya,” paparnya.

Baca Juga:  Pasangan Hasanah Optimis Bisa Nyalip Popularitas Dan Elektabilitas Kandidat Lainnya Di Pilgub Jabar

Sementara itu, Wakil Bupati Pangandaran, H Adang Hadari mengatakan, adanya E-Puskesmas tersebut akan semakin mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Jika semua berjalan dengan baik, maka untuk mendaftarkan pasien ke Puskesmas cukup di rumah saja, tidak perlu datang ke Puskesmas dan datang ke Puskesmas langsung ditangani perawat dan dokter.

Baca Juga:  Budaya Literasi di Rumah

“Stok obat bisa dicek dan juga klaim BPJS Kesehatan. Sayangnya, sistem ini belum terhubung ke Puskesmas Pembantu (Pustu), tapi sudah saya sarankan agar difasilitasi. Jumlah Pustu di Pangandaran ada 100 Pustu dan perannya sangat penting. Mudah-mudahan ke depan sarana dan operatornya bisa diupayakan,” ujarnya. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat