Maskapai Dan Rute Di Bandara Kertajati Majalengka Sedikit, Kemenhub Putar Otak Cari Solusi

JABARNEWS | JAKARTA – Jumlah maskapai yang beroperasi dan rute yang dilayani Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, masih tergolong sedikit.

Padahal, Bandara yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, pada 24 Mei 2018 itu, digadang-gadang akan menjadi terbesar kedua setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Saat ini ada tiga maskapai yang sudah beroperasi di Bandara Kertajati, yakni Citilink, Lion Air, dan Transnusa.

Sementara itu, jumlah rute domestik yang dilayani ada empat, yaitu ke Surabaya, Bandar Lampung, Semarang, dan Medan. Adapun untuk rute internasional dilayani oleh Lion Air ke Madinah dan Jeddah.Kementerian Perhubungan mendorong peningkatan lalu lintas penerbangan Bandara International Jawa Barat (BIJB).

Baca Juga:  Sri Mulyani: Nilai Islam Dijalankan Pada Kebijakan Pemulihan Ekonomi

Mengacu kepada fakta itu, Kementerian Perhubungan yang berposisi sebagai regulator, berupaya mempromosikan keberadaan BIJB, kepada publik termasuk warganet atau netizen.

“Kami akan berupaya membantu bandara ini agar minat masyarakat untuk terbang melalui bandara ini terus meningkat dengan rute-rute baru yang diprediksi akan diminati masyarakat pengguna jasa penerbangan dari sekitar Majalengka dan Jawa Barat pada umumnya,” ujar Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Polana B. Pramesti, Jumat (14/12/2018), dikutip CNBC Indonesia.

Baca Juga:  Linmas Jadi Juragan Domba, Bibitnya Sumbangan Dedi Mulyadi

Kata Polana, akan ada rute-rute baru di BIJB yang akan dibuka oleh Garuda Indonesia dan Lion Air.

“Akan ada dua rute baru yang diterbangi oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesia yaitu Garuda Indonesia ke Sumatera dan Kalimantan. Rute tersebut adalah Kertajati – Bandar Lampung PP dan Kertajati – Balikpapan PP,” jelas Polana.

Selain dua rute baru tersebut yang dilayani oleh Garuda, rencananya Lion Air juga akan menerbangi rute baru Kertajati – Denpasar PP dan Kertajati – Surabaya PP.

Baca Juga:  Di Masa Pandemi COVID-19, Ini Momen yang Paling Membahagiakan bagi Ridwan Kamil

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, meminta agar para pemangku kepentingan dan maskapai gencar melakukan promosi mengenai Bandara Kertajati.

“Saya berharap netizen turut membantu mempromosikan Bandara Kertajati, agar masyarakat semakin tertarik untuk melakukan penerbangan di Kertajati, Bandara ini sudah siap menyambut dan melayani penerbangan bagi seluruh masyarakat,” kata Menhub.

Diketahui, saat ini Bandara Kertajati dikelola oleh PT Angkasa Pura II (Persero), sementara mayoritas pemegang saham di bandara itu adalah Pemprov Jawa Barat. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat