Membuat Rumah Mewah Dengan Anggaran Pas-pasan, Ini Caranya

JABARNEWS | BANDUNG – Rumah minimalis menjadi salah satu model rumah di dalam arsitektur modern yang menekankan kepada hal-hal yang sifatnya esensial dan memiliki nilai fungsi lebih. Bagi masyarakat perkotaan, rumah jenis ini biasanya terdiri dari beberapa lantai.

Namun secara umum, konsep rumah minimalis 1 lantai dan rumah minimalis 2 lantai mempunyai karakteristik yang sama yaitu mengusung kesederhanaan baik dalam bentuk dan fungsi, mengusung interior open plan, serta hiasan rumah minimalis yang sederhana.

Penerapan cat warna rumah minimalis ini cenderung lebih warna-warni serta menggunakan warna pastel. Seluruh karakteristik inipun menandakan bahwa semakin sedikit detail yang ditunjukkan, semakin sedikit pula waktu dan anggaran yang diperlukan.

Baca Juga:  Serunya Ngopi Sambil Baca Komik di Kedai Ini

Dilansir dari beberapa sumber inilah beberapa cara membuat rumah minimalis dengan minim anggaran:

1. Buat Perencanaan Pembangunan Rumah – Sebagai langkah awal, rencanakanlah pembangunan rumah Anda, mulai dari dana, ukuran bangunan, hingga target waktu pembangunan. Rencana ini nantinya berfungsi sebagai pengendali kemungkinan terjadinya penyimpangan selama proses pembangunan berlangsung. Jika implementasi pembangunan rumah melenceng dari rencana, tentu akan berimbas pada biaya yang harus dikeluarkan.

2. Tentukan Bentuk Bangunan – Bentuk bangunan berpengaruh pada tingkat kesulitan pembangunan dan kebutuhan bahan bangunan. Rumah berbentuk persegi atau persegi panjang cenderung lebih mudah dibangun dan lebih hemat biaya dibandingkan dengan rumah berbentuk segitiga atau yang bersudut lainnya.

Baca Juga:  Panik! Perahu Bocor, Pemancing di Waduk Saguling Tewas Tenggelam

Umumnya, untuk membentuk beberapa sudut atau lengkungan akan menyisakan banyak material bangunan tak terpakai. Selain itu, tingkat kesulitan pada bangunan bersudut atau lengkung juga lebih tinggi sehingga berisiko pada bentuk bangunan yang kurang sempurna. Perlunya perombakan tentu saja membutuhkan lebih banyak waktu dan juga biaya.

3. Selektif Pilih Tukang – Juru bangunan atau tukang menjadi bagian yang akan menghabiskan banyak dana. Maka dari itu, Anda harus selektif dalam memilih tukang. Tidak ada salahnya mencari tukang dengan kualitas kerja yang baik, namun dengan harga terjangkau.

Baca Juga:  YMPLK Sebar Ratusan Sembako, Sasar Anak Yatim Hingga PKL di Purwakarta

4. Hitung Per Satuan – Tips hemat berikutnya bisa ditempuh dengan menghitung secara satuan item yang diperlukan, misalnya gambar rumah, spesifikasi material, serta harga upah tukang. Jangan lupa untuk menambahkan PPN 10% terhadap rencana anggaran biaya bangunan.

5. Rajin Riset Harga – Membangun rumah minimalis dengan bujet pas-pasan berarti Anda harus rajin riset harga bahan bangunan serta alokasi dana lainnya. Jangan ragu untuk keluar masuk toko-toko bahan bangunan demi mendapatkan harga material termurah.

Penulis: Muhammad Amaludin