Pemdes Berikan Insentif Guru Ngaji

JABARNEWS | GARUT – Sejumlah guru ngaji di Desa Mekarasih, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, menerima insentif dari Pemerintah Desa. Pemberian insentif itu dilakukan sesuai hasil Musyawarah Desa dan salah satu Program Desa melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) tahun 2017-2021.

Kepala Desa Mekarasih, Dadan Wildan, mengatakan, program itu diadopsi dari program kerja Karang Taruna Desa Mekarasih, yang ingin memberikan bantuan dana pada guru ngaji. Menurutnya, program kerja Karang Taruna di desanya sangat mulia, karena masih ingin memikirkan dan memperdulikan kesejahteraan khususnya para pendidik yang juga turut mencerdaskan anak bangsa .

Baca Juga:  Wisata Buper Karang Kitri Bekasi, Cocok Untuk Dikunjungi Saat Liburan

“Guru ngaji itu pendidik yang memberikan jalan untuk keselamatan dunia dan ahirat,” ujar mantan Ketua Unit Kerja 03 Karang Taruna Desa Mekarasih yang kini menjabat sebagai Kepala Desa Mekarasih ini, di Aula Desa Mekarasih, Jumat (18/5/2018).

Dia menambahkan, program insentif guru ngaji ini sudah lama dinantikan. Apalagi program itu dimasukan dalam RPJMDes Desa menjadi salah satu program prioritas.

“Sumber anggaran didapat dari APBDes Tahun 2018 Non-Dana desa dan Non-Alokasi Dana Desa. Desa mendapatkan Dana CSR dari PT. Citra Agro Buana Semesta sebesar Rp. 39 juta. Nantinya para guru ngaji ini akan diberikan insentif per tiga bulan selama setahun sampai lima tahun ke depan,” tuturnya.

Baca Juga:  BPPD Bandung Optimistis Piutang Pajak Tertagih

Ketua Majelis Ulama Desa (MUD), Aj. Rokib, menuturkan ia merasa berbangga ada anak muda yang jadi pemimpin di desanya dan selalu ingin dekat dengan ulama.

“Selain itu rasa syukur dipanjatkan pada Allah SWT, ahirnya insentif bagi para guru ngaji mulai digelontorkan. Seingat saya, baru di era kepemimpinan H. Dadan ada program insentif Guru Ngaji,” tandas Rokib.

Di masa kepemimpinannya, Dadan Wildan ingin memberikan pengabdian dan pelayanan yang terbaik untuk rakyatnya, Berbagai pembangunan, baik fisik, non-fisik, mental, jiwa, dan raga menjadi program kerjanya lima tahun ke depan.

Baca Juga:  TB Hasanuddin Bantah Tidak Melaporkan Harta Kekayaan Ke KPK

Di bidang mental dan kerohanian dia menggalakkan Mekarasih bersholawat yang diikuti oleh semua warga setiap malam Minggu. Sedangkan bidang kesejahteran, selain memberikan insentif bagi guru ngaji, dia pun menambahkan penghasilan bagi para tenaga Linmas dan para kader PKK serta Posyiandu.

Lalu, di bidang pisik, dia membangun musola yang selama ini tak pernah dibangun oleh desa. Sedangkan di bidang Olah raga, kini Desa Mekarasih akan memiliki sarana olahraga futsal, dan telah memiliki lapang sepakbola yang refresentatif. (Tgr)

Jabarnews | Berita Jawa Barat