Perbanyaklah Sedekah Di Hari Jumat, Dan Ini Manfaatnya

JABARNEWS | BANDUNG – Hari Jumat merupakan hari yang paling utama dari semua hari dalam sepekan. Dia adalah hari yang penuh barokah. Allah SWT mengkhususkan hari Jumat ini hanya bagi kaum Muslimin dari seluruh kaum dari ummat-ummatnya yang terdahulu.

“Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu untuk mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila salat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Surat Al-Jumu’ah, ayat 9-10)

Salamah dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW bersabda, “Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari Jum’at. Sebab pada hari itu Allah Azza wa Jalla menciptakan Adam as. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi, dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa dimana tidak seorangpun berdo’a kecuali Dia akan mengabulkan doa itu.“ (HR. Muslim)

Baca Juga:  Siap-Siap Putar Balik! 41 Ruas Jalan di Kota Bandung Ditutup

Oleh karena itulah, Nabi Muhammad SAW sangat mengagungkan, mengistimewakan, serta memuliakan hari jumat di banding hari lainnya.

Beliau perbanyak melakukan berbagai macam ibadah di hari Jumat.

Banyak sekali keutamaan dan keistimewaan yang ada di hari Jumat, diantaranya adalah bersedekah.

Ibnul Qayyim berkata, “Sedekah di hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan-bulan selainnya”.

Hari Jumat adalah hari dimana nilai atau pahala sedekah akan berlipat ganda. Rasulullah SAW bersabda, “Pahala sedekah berlipat ganda pada hari Jumat.”

Sedekah di hari Jumat lebih baik daripada sedekah di hari lainnya. Ibnu Taimiyah jika keluar shalat Jumat, maka ia akan membawa roti atau selainnya yang ada di rumahnya lalu menyedekahkannya secara sembunyi-sembunyi di jalan yang dilaluinya.

Rasulullah bersabda, “ Sesungguhnya tiap-tiap tasbih adalah sedekah, tiap-tiap tahmid adalah sedekah, tiap-tiap tahlil adalah sedekah, menyuruk kepada kebaikan adalah sedekah, melarang daripada kemungkaran adalah sedekah, dan berhubungan badan dengan istri adalah sedekah.” (HR Muslim).

Baca Juga:  Dispora Bandung Ingin Punya Kolam Renang Khusus

Terlepas dianjurkannya sedekah di hari Jumat, kita jangan terpaku hanya bersedekah di hari Jumat saja. Sebenarnya kita harus setiap hari setiap saat untuk selalu bersedekah, karena sedekah ini mempunyai banyak manfaat untuk kita yang melakukannya.

Berikut di bawah ini adalah berapa manfaat sedekah, diantaranya:

  • Dapat mengundang datangnya rezeki. Memberikan berkah pada harta yang ada pada kita, menjauhkan pada bencana, serta menambah keuntungan. Khalifah Ali bin Abi Thalib menyatakan, “Pancinglah rezeki dengan sedekah”.
  • Dapat menolak bala. Menjauhkan dari api neraka dan melepaskannya dari kepicikan dunia akhirat. Menjadi naungan di hari kiamat nanti.
  • Dapat menyembuhkan penyakit. Menghilangkan kesalahan dan mensucikan dari dosa.
  • Menunda kematian dan memperpanjang umur.
  • Mendatangkan pertolongan yang diperlukan dalam usaha yang dikerjakan.
  • Dapat meruntuhkan segala benteng setan dan mematahkan segala kekurangan mereka.
  • Sedekah memupuk cinta kasih terhadap sesama.
  • Sedekah akan dibalas 700 kali lipat. Alquran Surah Al Baqarah Ayat 261, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” Dalam ayat tersebut, Allah sudah dengan jelas menyebutkan perhitungan sistematis atas apa yang sudah kita keluarkan dari harta untuk bersedekah. Apabila dari perhitungan matematis ayat diatas, maka sedekah yang sudah diberikan khususnya untuk hari Jumat akan dibalas sampai 700 kali lipat dan Allah juga menekankan akan membalas sedekah untuk siapa pun yang Allah SWT kehendaki.

Melihat begitu banyak dari manfaat sedekah di hari Jumat, marilah kita berusaha bersedekah secara ikhlas karena Allah semata dan Insya Allah kita akan selalu mendapat pahala dari Allah, aamiin. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari voa-islam.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat

Baca Juga:  Penjabat Bupati Purwakarta Gelar Buka Puasa Bersama