Piston Rem Cakram Kalian Sering Macet? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Piston rem cakram merupakan salah satu komponen penting dalam pengereman. Jika terjadi masalah, bisa-bisa pengereman jadi terganggu.

Salah satu masalahnya yakni Piston rem cakram macet. Ada banyak penyebab piston rem cakram macet. Hal tersebut mesti diketahui.

Oleh sebab itu berikut beberapa penyebab piston rem cakram tidak kembali yakni:

Baca Juga:  Awas Terkena Sanksi! Rokok Ilegal Kini Beredar di Purwakarta

Pertama. Piston Rem Berkarat – Bagian piston yang berkarat seringkali menjadi penyebab rem cakram kendaraan macet atau tidak kembali. 

Sehingga karena berkarat, maka bagian tersebut yang bisa bergerak maju mundur ketika proses pengereman tidak akan bekerja dengan baik.

Baca Juga:  Liburan Lebaran ke Perairan, Ini Imbauan Satpolair Polres Purwakarta

Kedua. Piston Rem Kotor – Piston merupakan bagian rem yang bergerak saat kampas rem ditekan. Kemudian akan kembali pada posisi awanya saat rem dilepas. 

Namun di balik fungsi pentingnya komponen tersebut, piston merupakan komponen dalam rem yang mudah kotor.

Ketiga. Kampas Rem Tidak Sesuai Spesifikasi – Terdapat dua jenis kampas rem yang dibedakan menurut teksturnya. Jenis kampas dengan tekstur kasar dan tekstur lunak. 

Baca Juga:  Meski Pensiun, ASN Diharapkan Tetap Mengabdi

Sementara saat ini kebanyakan kendaraan menggunakan jenis kampas rem dengan tekstur kasar. Namun jenis kampas rem yang cocok untuk setiap kendaraan tentunya berbeda satu sama lain. (Red)