Pj Walikota Cirebon Bawa Karung Bersih-bersih Jalan

JABARNEWS | CIREBON – Ada pemandangan yang berbeda di Kota Cirebon, tadi pagi. Hampir seluruh warga dan aparatur sipil negara (ASN) di Kota Udang itu turun ke jalan membersihkan ruas Jalan Siliwangi. Jalan ini merupakan salah satu jalur protokol di Kota Cirebon.

Aksi bersih-bersih jalan itu dipimpin langsung Pj Walikota Cirebon Dr H Dedi Taufik MSi. Mereka berbagi tugas mulai membersihkan rumput, menyapu trotoar dan jalan hingga menyiram trotoar menggunakan air agar tidak hanya terlihat bersih tapi juga mengilap.

Baca Juga:  Polres Sergai Ringkus Pengedar Uang Palsu

Kegiatan bersih-bersih yang bertajuk ’Bebersih Jeh, Aja Klalen Yo’´itu merupakan bagian dari program smart city ’Kudu Eling’ (Kolaborasi penduduk dalam pengelolaann lingkungan). ’’Kudu eling. Kita harus melakukan gerakan kebersihan kota,’’ ungkap Dedi saat membuka acara bersih-bersih.

Trotoar dibersihkan dan disikat, sehingga jalur pedestrian (pejalan kaki) terlihat bersih dan mengilap. Tujuan kegiatan ini, menurut Dedi, tidak lain agar warga merasa memiliki kota tempat mereka tinggal, hidup, dan mencari nafkah.

’’Ke depannya diharapkan kegiatan ini bisa terus dilakukan. Di antaranya bisa melalui Jumat bersih (Jumsih),” ungkap Dedi.

Baca Juga:  Pendidikan Pramuka Diharapkan Cegah Kenakalan Remaja

Kegiatan bersih-bersih kota ini, lanjut Dedi juga sebagai hadiah dari warga kepada Kota Cirebon jelang Hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan RI. Terlebih, sebentar lagi akan dilaksanakan Asian Games, 18 Agustus hingga 2 September.

Sekalipun venue cabang olahraga (cabor) Slalom Kano di Bendung Rentang, Kabupaten Majalengka, namun para atlet dan ofisial menginap di dua hotel di Kota Cirebon. Kondisi ini bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan wisata dan budaya Cirebon, sehingga mereka bisa tertarik untuk kembali..

Baca Juga:  Peserta Tes CPNS Mau Lolos Ke SKB, Begini Mekanismenya

Kegiatan Bersih-Bersih Kota ’’Bebersih Jeh.. Aja Klalen’’ dilakukan serentak di setiap sudut di Kota Cirebon. Seluruh warga Kota Cirebon juga turut ikut melakukan bersih-bersih tersebut.

Seperti terlihat saat Pj Wali Kota Cirebon, Dr. H. Dedi Taufik, M.Si melakukan peninjauan di ruas Jalan Ciptomangunkusumo, Jalan Sudarsono, Jalan Sukalila dan Parujakan. Banyak warga terlihat bersemangat melakukan kegiatan bersih-bersih kota hari ini. (One)

Jabarnews | Berita Jawa Barat