Pramuka Garut Raih Berbagai Prestasi

JABARNEWS | GARUT – Prestasi membanggakan patut diacungi jempol dari jajaran Kwartir Cabang Gerakan (Kwarcab) Pramuka Garut. Di bawah komando Ketua Kwarcab, Ahmad Bajuri, Pramuka Garut bisa unjuk gigi di pentas nasional.

Ditemui di sela-sela upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-57 di Kwaran Cibatu, Ketua Kwarcab, Ahmad Bajuri, menuturkan, secara serentak 42 Kwaran se-Kwarcab Garut menggelar upacara HUT Pramuka. Namun ia menyampaikan permohonan maafnya karena tidak sempat menghadiri seluruhnya.

“Kwarcab Garut dan juga 42 Kwartir Ranting menggelar berbagai kegiatan menyambut HUT Pramuka ke-57 2018. Kegiatan yang dilakukan antara lain ziarah ke makam pahlawan, pemasangan bendera merah putih, serta kegiatan lain. Seperti halnya perkemahan ini dilakukan sebagai upaya untuk membangkitkan jiwa nasionalisme generasi muda. Juga untuk menggelorakan gerakan pramuka,” ujar Ahmad Bajuri, Selasa (14/8/2018).

Baca Juga:  193 Hektar Sawah Kering, Petani Ciamis Dipastikan Gagal Panen

Dikatakannya, Pramuka adalah wadah kegiatan generasi muda. Dengan ikut serta dalam pramuka, anak akan menjadi lebih mandiri dan memiliki moral yang baik. Hal inilah yang dibutuhkan saat ini.

”Saat ini banyak generasi muda yang terpengaruh narkoba dan pergaulan bebas. Dengan mengikuti kegiatan pramuka banyak pelajaran di dalamnya tentang membantu sesama dan budi pekerti. Sehingga bisa terhindar dari pergaulan bebas dan terjerumus narkoba ” ujarnya.

Selanjutnya dia mengatakan, saat ini perlu pembenahan pola perilaku remaja seperti penyalahgunaan narkoba, minum-minuman keras dan seks bebas. Menurutnya, menangkal perilaku buruk itu, bisa diikutkan pramuka.

Baca Juga:  Harper Purwakarta Bagikan Bingkisan Untuk Aparat Yang Berjaga

“Janji Dasa Darma diharapkan membangkitkan kembali jiwa generasi muda yang takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan lain sebagainya,” tambahnya.

Berbicara prestasi yang dicapai oleh Kwarcab Garut, kata calon anggota legislatif Provinsi Jawa Barat ini, Kwarcab Garut memiliki prestasi gemilang selama kepemimpinannya. Kata dia, itu tidak lepas dari upaya kekompakan dan kesolidan seluruh jajaran Pramuka di Garut mulai dari Gugus Depan, Kwaran, hingga jajaran pengurus Kwarcab Garut.

Disebutkannya, Kwarcab Garut di antaranya juara perkemahan ponpes tingkat Jabar dan nasional yang diikuti oleh Ponpes Darussalam Kersamanah dan Ponpes Al Jauriah Karangtengah.

Baca Juga:  Tingkatkan Kapasitas melalui Pelatihan Sertifikasi Amil Dasar

“Pramuka Luar Biasa ( SLB ) berhasil menjadi juara Jawa Barat di Jamnas, kita masuk untuk kategori pentas juara 3. Dari Sako Sekawan. kita ikut perkemahan tingkat nasional, begitupun Sako Ma’arif. Sekarang Sako SIAP ikut menjadi panitia hari pramuka tingkat nssional. Untuk kesakaan Saka Wirakartika dan Bhayangkara pernah Juara Tingkat Kwarda Jawa Barat,” Ujarnya

Selain itu torehan prestasi yang paling membanggakan Kwarcab Garut pernah mendapatkan Rekor MURI dengan tema menggambar terpanjang dengan lukisan pahlawan-pahlawan nasional, kerja sama Kwarcab dengan Kodim 0611 Garut. (Tgr)

Jabarnews | Berita Jawa Barat