PT SPV Dukung Pelestarian Lingkungan Citarum

JABARNEWS | PURWAKARTA – Salah satu perusahaan besar di Purwakarta melakukan penanaman pohon di sepanjang pinggiran sungai Citarum guna menjaga dan melestarikan lingkungan yang sehat terutama air sebagai sumber kehidupan.

Kegiatan pelestrian alam tersebut dilakukan sehari usai Indonesia memperingati 73 tahun kemerdekaan, warga masyarakat dan pemangku kepentingan di Desa Cikao Bandung menyelenggarakan kegiatan penanaman pohon Trembesi (Samanea Saman) di tepi sungai Citarum.

Kegiatan tersebut didukung oleh PT. South Pacific Viscose (SPV) yang dihadiri perwakilan DPRD Purwakarta, Camat Jatiluhur, Kepala Desa Cikao Bandung, serta perwakil perusahaan di wilayah Jatiluhur. Kegiatan itu merupakan wujud nyata dari komitmen bersama, baik dari masyarakat, aparatur sipil negara, TNI & Polri dan sektor industri untuk melestarikan sungai Citarum serta mendukung program pemerintah sesuai Peraturan Presiden No. 15 tahun 2018.

Baca Juga:  Woww! KPK Geledah Ruang Kerja Walikota Tasikmalaya

“Budaya bersih adalah karakter bangsa yang harus terus dibuktikan setiap hari,” ucap Widi Nugroho Sahib, selaku Head of Corporate Affairs PT. South Pacific Viscose – sebuah perusahaan PMA dari Austria, Minggu (19/8/2018).

Baca Juga:  Awas! Penyakit Kulit Ini Mesti Kalian Waspadai

Dalam kesempatan tersebut Widi didaulat untuk menyampaikan sambutan sebagai perwakilan dari perusahaan di depan tamu undangan yang hadir. Widi menyampaikan karakter positif itu dimulai sejak usia dini dan dari lingkungan keluarga – dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Perusahaan kami low profile dalam mendukung program pemerintah ini untuk sungai Citarum Harum, karena perusahaan kami sudah sejak bulan Ramadhan pada tahun ini – yaitu sekitar bulan Juni dengan menanam pohon Trembesi di tepi sungai Citarum walau tanpa acara seremonial sekalipun,” tambah Widi, membeberkan kepedulian perusahaanya terhadap lingkungan hidup.

Baca Juga:  Polwan Datangi SMK Taruna Sakti: Minta Pelajar Tidak Nakal

Selain menanam pohon Trembesi juga dikombinasikan dengan pohon Nangka Bali dan pohon Kelapa Hibrida, supaya masyarakat dapat mengkonsumsi buah yang dihasilkan dari pohon tersebut.

“Kemudian juga dilanjutkan dengan menyemai ikan nila di tengah sungai Citarum, setidaknya ada ratusan ribu bibit ikan nila yang di sebar ditengah-tengah sungai dengan menggunakan perahu milik warga setempat,” jelas Widi, menjelaskan kegiatan-kegiatan kepedulian terhadap lingkungan hidup pihak perusahaan SPV. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat