Ratusan Pelajar Dari Jakarta Belajar Buat Keramik Di Plered

JABARNEWS | PURWAKARTA – UPTD Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Keramik Plered, Purwakarta, kembali dapat kunjungan. Pada Senin (10/9/2018), ratusan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Fransistus, Jakarta Timur (Jaktim) mengunjungi lokasi itu.

Sebanyak 130 siswa dari SMA dan 67 siswa SMK itu bisa langsung melihat dan terjun langsung membuat keramik mulai dari dasar

Baca Juga:  Pemkab Purwakarta Gelar Festival Bambu 2019

“Tujuan kunjungan tersebut sengaja dilakukan guna mengenalkan sekaligus mengembangkan pengetahuan siswa terhadap seputar produktifitas keramik Plered,” kata Wakil Kepala SMK Fransistus Jaktim, Wahyu, saat ditemui di UPTD Litbang Keramik Plered.

Menurutnya, dengan praktek langsung pembuatan keramik tersebut, siswa akan lebih memahami segala sisi terkait keberadaan salah satu icon kebanggaan masyarakat Purwakarta itu.

Baca Juga:  Inilah Deretan Burung Termahal Di Dunia, Harganya Sampai 90 Miliar

“Selama ini para siswa hanya mengenal keramik melalui teori pada pelajaran Seni Budaya dan Kerajinan saja. Dan secara pribadi saya bangga terhadap adanya salah satu seni budaya tradisional ini,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala UPTD Litbang Keramik Plered, Bambang Mega Wahyu, mengatakan, sesuatu hal berbeda dia rasakan dari para siswa Fransistus saat para siswa mempelajari pembuatan keramik.

Baca Juga:  Kehadiran Prajurit TNI Disambut Baik Para Guru

“Semangat yang mereka miliki begitu besar, sedikit berbeda dari siswa yang datang sebelumnya,” ujar Bambang.

Seperti biasa, lanjut dia, usai belajar membuat keramik, para siswa bisa membawa pulang keramik yang telah mereka buat sebelumnya.

“Semoga ini menjadi motivasi bagi siswa sekolah asli purwakarta,” harapnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat