Rupiah Melemah, Pelaku UMKM Cianjur Masih Aman

JABARNEWS | CIANJUR – Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika, belum terlalu dirasakan para pelaku UMKM di Kabupaten Cianjur. Pasalnya, para pelaku UMKM itu tidak mengekspor barang dagangannya, melainkan hanya diperjualbelikan di dalam negeri.

Meski demikian, para pelaku UMKM yang difasilitasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cianjur ini melakukan beberapa antisipasi. Itu dilakukan apabila sewaktu-waktu, melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar berimbas kepada mereka.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini, Apa Yang Anda Takutkan Sebenarnya Scorpio

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cianjur, Himam Haris mengakui, para pelaku UMKM di Cianjur belum merasakan dampak dari pelemahan rupiah. ’’Tidak terkena dampak, karena kebanyakan UMKM penjualannya tidak sampai diekspor atau dalam negeri dan lokal saja,” ujarnya.

Baca Juga:  Stok Tabung Oksigen di Kota Bandung Relatif Aman

Dalam mengantisipasi hal tersebut, dirinya sudah melakukan berbagai upaya seperti pembinaan, sosialisasi dan pembekalan. Ini dilakukan agar ada cara ketika dampak itu dirasakan dikemudian hari.

Namun, ketika kebutuhan dalam bahan yang ada di pasar lokal sudah berkurang, ada kemungkinan itu bakal berdampak pada UMKM. ’’Kami akan upayakan mencari solusi alternatif ketika dampak itu akan merambat,” tambahnya.

Baca Juga:  BNNP Ungkap Jaringan Narkotika Sumatera-Jawa Barat

Ia berharap, ke depannya sektor dalam perdagangan dan perekonomian masyarakat bisa stabil dan normal meski menghadapi naiknya nilai jual Dollar Amerika di perekonomian global. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat