Tiga Hal Yang Bisa Sebabkan Burnout, Salah Satunya Beban Kerja

JABARNEWS | BANDUNG – Saat bekerja di rumah, seseorang malah mengalami kelelahan kronis atau burnout akibat kelabakan mengerjakaan pekerjaan serta pekerjaan rumah tangga.

Terjadinya burnout ini bisa membuatmu kelelahan, uring-uringan, serta merasa membuatmu tidak dihargai. Pada kondisi yang ekstrem, kamu bakal merasa bahwa kamu salah memilih pekerjaan.

Oleh sebab itu berikut beberapa penyebab burnout yakni:

Pertama. Beban Kerja – Ketika beban kerja yang kamu miliki sudah terlalu banyak dan di luar kemampuan, maka kamu akan mengalami masalah. Kamu akan kesulitan menyelesaikannya dan menyeimbangkannya dengan istirahat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga:  Hore.. Pendakian Gunung Tertinggi di Jabar Kembali Dibuka

Untuk mencegahnya masalah ini, kamu bisa merencanakan beban kerja, menyusun daftar prioritas, membagi tugas, berani menolak pekerjaan, dan jangan terlalu terobsesi dengan hasil sempurna.

Baca Juga:  Kilang Balongan Kebakaran, Pertamina Jamin Stok BBM di Cimahi Aman

Kedua. Merasa Lingkungan Kurang Mendukung – Berada di lingkungan yang tidak disukai cenderung membuat seseorang lebih mudah mengalami burnout.

Komunikasi yang baik dengan lingkungan sekitar dan hubungan yang hangat di tempat kerja bisa mencegah terjadinya burnout ini.

Ketiga. Merasa Mendapat Perlakuan Tak Adil – Kondisi tempat kerja yang dirasa tak adil dan menganaktirikan dirimu bisa membuatmu merasa lelah secara mental dan psikis sehingga terjadinya burnout. Kontrbusi yang tidak dihargai serta merasa kurang mendapat pujian bisa menimbulkan kondisi yang tidak menyenangkan ini.

Baca Juga:  Tangkis Ancaman Udara, Indonesia Siap Bertempur Pada Siang Maupun Malam Hari

Ketika kamu mengalaminya, carilah teman untuk bercerita atau jika memungkinkan proteslah atas kondisi yang kamu alami. Hal ini mungkin bisa membantu mengatasi kondisi yang kamu alami serta meringankan rasa mengganjal di hati. (Red)