Tiga Jenis Makanan Ini Bisa Cegah Tumbuhnya Uban Saat Remaja

JABARNEWS | BANDUNG – Uban atau rambut putih erat kaitanya dengan bertambahnya usia yang membuat kita semakin tua. Namun faktanya tumbuhnya ubah tidak dilihat dari usia saja. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor.

Salah satu faktor penyebab tumbuhnya uban yakni genetik atau mungkin karena pola makan yang tidak teratur. Hal tersebut juga ternyata bisa menyebabkan tumbuhnya uban di rambut kita. Namun kalian tak perlu khawatir, Ada beberapa makanan untuk mengatasi tumbuhnya uban.

Baca Juga:  Deteksi Kelainan Sejak Dini, Personel Polres Purwakarta di Cek Kesehatan

Oleh sebab itu dilansir bandungnews.id kami berhasil merangkum beberapa makanan yang bisa cegah tumbuh uban yakni:

Pertama. Ikan Salmon – Makanan yang bisa mencegah tumbuh uban yang pertama yakni ikan salmon. Tak ada salahnya sesekali memasukkan ikan salmon dalam menu makan siang. Mengutip Byrdie, perubahan kadar hormon bisa memicu kemunculan uban secara dini.

Salmon mengandung selenium yang berfungsi membantu kadar produksi hormon, yang pada akhirnya bisa mencegah datangnya uban. Di samping itu, salmon juga mengandung vitamin D yang berkaitan dengan pigmentasi rambut.

Baca Juga:  Kabar Hoax, WHO Tidak Merekomendasikan Tes Kehamilan Sebelum Vaksinasi

Kedua. Makanan Fermentasi – Selain menjaga kesehatan saluran pencernaan, probiotik juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Anda bisa mengkonsumsi beberapa makanan fermentasi seperti yogurt, kimchi, acar, dan miso.

Ahli diet Kelly Jones mengatakan, usus sehat penting untuk mendukung rambut sehat. Bakteri usus memproduksi vitamin B dan biotin yang berguna buat rambut. Kekurangan biotin bisa mengakibatkan perubahan warna dan kekuatan rambut.

Baca Juga:  Duh, Dua Pengendara Motor di Deli Serdang Tewas Terlindas Truk

Ketiga. Hati Sapi – Konsumsi hati sapi akan memberikan asupan vitamin B-12 berlimpah. Sekitar 100 gram hati sapi mengandung 95,48 mikrogram vitamin B-12. Kekurangan vitamin B12 berhubungan dengan anemia dan berasosiasi dengan kemunculan uban.

Asupan vitamin B12 untuk orang dewasa sehari sekitar 2,4 mikrogram. Namun, semakin bertambahnya usia, tubuh semakin sulit menyerap vitamin B-12 sehingga perlu asupan makanan pengganti. (Red)