Yang enak-enak Dari Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Secara umum wilayah Kabupaten Purwakarta memiliki suhu udara yang relatif panas. Hal tersebut menyebabkan warga Purwakarta gemar menikmati minuman dingin/es yang banyak dijual oleh pedagang.

Dari pengamatan jabarnews.com, ada tiga minuman es favorit warga Purwakarta.

1.Es Kelapa

Kesegaran es kelapa memang tak ada duanya. Kesegaran dan cita rasa yang khas dari air kelapa ditambah dengan kenyalnya daging buah tropis tersebut sangat cocok untuk menyegarkan dahaga.

Baca Juga:  Lima Warga Masih Tertimbun Longsoran, BPBD Jabar Terus Melakukan Pencarian

Di Purwakarta, umumnya es kelapa di sajikan dengan dua jenis gula berbeda yaitu gula merah dan gula putih cair. Untuk menambah kesegaran, es kelapa juga lazim dicampur dengan perasan air jeruk.

2. Es Kuwut Bali

Meskipun berasal dari Pulau Dewata Bali, es kuwut menuai ketenaran yang luas bagi pencinta minuman es di Purwakarta.

Baca Juga:  Mimpi Elon Musk Sebelum Mati: Bangun Pabrik Tesla di Mars, Itu Keren

Minuman yang terbuat dari campuran air kelapa, melon, biji selasih, jeruk nipis, es batu, dan air gula atau sirup ini sangat pas apabila dinikmati di siang dan sore hari.

3. Es Ciming

Es campur legendaris dari Purwakarta yang dibuat dari campuran cingcau hitam, serutan kelapa, kacang hijau sirup merah, taburan es serut dan susu kental manis sangat cocok diminum saat cuaca panas.

Baca Juga:  Setelah Anak Buahnya, Giliran Walkot Tasik Diperiksa KPK

Es Ciming sendiri agak berbeda dari pakem racikan es campur kebanyakan. Misalnya, Es Ciming bisa dikolaborasikan dengan cendol dari adonan hun kue kualitas super. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat