Ingin Gunakan Nama Ridwan Kamil untuk Merek Produk UMKM, Ini Syaratnya

JABARNEWS | JAKARTA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mempersilakan namanya dipakai masyarakat untuk merek produk UMKM. Hal ini sebagai bentuk dukungannya dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan.

“Kalau menganggap nama saya bisa meningkatkan bisnis UMKM silakan dipakai,” kata Ridwan Kamil dalam Tepas Vol 11 di Anjungan Jabar TMII Jakarta, Rabu 24 November 2021.

Tidak ada royalti yang harus dibayarkan. Ridwan Kamil hanya memberi dua syarat bagi UMKM yang akan menggunakan namanya. Pertama, harus memberitahu dirinya dulu. Kedua, bisnisnya harus yang sesuai dengan etika syariah.

Baca Juga:  Begini Cara Mencuci Sepatu Tanpa Air Dengan Mudah dan Praktis

“Syaratnya cuma dua, karena nama saya mau dipakai yaitu laporan dulu dan bisnisnya harus yang sesuai etika syariah, jangan namanya untuk karaoke plus Ridwan Kamil,” tuturnya.

Baca Juga: Lima Fakta Menarik Usai Pesta Gol Persib ke Gawang Persiraja

Baca Juga: Nantikan Nasib, Ribuan Buruh Jawa Barat Siap Kawal Putusan MK Terkait UU Cipta Kerja

Ridwan Kamil mengatakan, sejauh ini sudah ada 25 UMKM yang melapor menggunakan namanya. Beberapa contoh UMKM yang menggunakan namanya seperti Keripik Pedas Kang Emil, Toko Galon Ridwan Kamil, Tukang Cukur Kang Emil Bandung Juara, Sate Tusuk Ridwan Kamil, Cimol Kang Emil.

Baca Juga:  Univesitas Muhammadiyah di Beberapa Daerah Dapat Bantuan PKKM Afirmasi dari Kemendikbudristek, Ini PTSnya

“Saya catat sudah ada 25 UMKM yang pakai nama saya,” ujarnya.

Baca Juga: Tiga Minggu di Posko Pengungsian Korban Banjir Serdang Bedagai, Nek Sarifah Rindu Tidur di Rumah

Baca Juga:  Dicari 5000 Petani Muda Jabar untuk Diberi Modal, Kata Ridwan Kamil

Baca Juga: UMK Kabupaten Bogor Sudah Tinggi, Bupati Ade Yasin Pastikan Tak Ada Kenaikan Tahun 2022

Tak hanya itu, Ridwan Kamil juga membantu memasarkan produk UMKM lewat media sosialnya yang memiliki belasan juta pengikut. Bahkan dia pun turut mendesain produk UMKM seperti sepatu, celana jeans, helm, jaket dan produk lainnya secara gratis.

“Saya juga jadi marketingnya, saya posting di Instagram yang followernya 14 juta, dan bantu juga untuk desain produknya,” tandasnya.***