• Kamis, 9 Desember 2021

Ada Tiga SMA di Purwakarta Terapkan Sistem Kredit Semester, Ini Kelebihannya

- Senin, 4 Oktober 2021 | 18:15 WIB
Proses pembelajaran di SMAN 1 Sukatani, Kabupaten Purwakarta. (Gin/Jabarnews)
Proses pembelajaran di SMAN 1 Sukatani, Kabupaten Purwakarta. (Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Beberapa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kabupaten Purwakarta sudah menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS). Dalam sistem itu, para siswa akan mengikuti pembelajaran yang mirip dengan mahasiswa.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Purwakarta, Asep Sundu Mulyana, mengatakan, terdapat 2 Sistem pembelajaran di SMA berdasarkan dari regulasi yg ada, yaitu sistem paket dan sistem SKS.

"Salah satu kelemahan sistem paket yang secara masif diterapkan hampir di seluruh SMA di Indonesia adalah bisa membuat siswa tidak naik kelas, dan jika siswa tidak naik kelas harus mengulang semua mata pelajaran, padahal yang tidak tuntas hanya beberapa mata pelajaran," ucap Asep Sundu, pada Senin, 4 Oktober 2021.

Baca Juga: Dua Kelompok Geng Motor Di Cirebon Bentrok, Empat Pemuda Diamankan

Baca Juga: Begini Cara Membedakan Ketumbar Berkualitas Bagus dan tidak Menurut Dr. Zaidul Akbar

Sedangkan SKS, lanjut dia, siswa dimungkinkan untuk belajar mandiri secara konstruktivistik, siswa lah yang menentukan berapa lama dan berapa banyak mata pelajaran yang harus ditempuh.

Baca Juga: Desa Siluman, Sentra Pengrajin Mebel Di Kabupaten Subang

Baca Juga: Ridwan Kamil Ulang Tahun ke-50, Pesan Romantis Atalia: A Emilku...

Dampak positifnya dari program SKS ini, kata pria yang menjabat Kepala SMAN 1 Sukatani itu, siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata dapat menyelesaikan waktu pembelajaran menengah atas lebih cepat.

Halaman:

Editor: Iqbal Safana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X