Wow! Ini Dia Tiga Manfaat Jagung Ungu Bagi Kesehatan Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Tak banyak yang tahu, manfaat jagung ungu tak hanya memiliki warna cantik yang indah dipandang, tetapi juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bahkan beberapa manfaat jagung ungu ini bisa mengatasi masalah kesehatan serius. Hal tersebut karena kandungan yang ada di dalamnya. Selain itu ada banyak manfaat lain bagi kesehatan.

JabarNews.com melasir dari banyak sumber berikut manfaat jagung ungu bagi kesehatan tubuh yakni:

Baca Juga: Kemendes PDTT Gagas Program Desa Peternakan Terpadu, Terobosan Ketahanan Pangan

Baca Juga:  Rayakan HUT ke-57, Resimen Armed 2/1 Kostrad Gelar Baksos

Baca Juga: Sebrangi Sungai Deli, Remaja Asal Medan Hanyut Terseret Arus dan Hilang

1. Menurunkan resistensi insulin – Resistensi insulin merupakan kondisi dimana sel-sel tubuh tidak dapat merespons insulin, sehingga tidak mampu memecah glukosa. Kondisi ini dapat meningkatkan kadar gula darah dan dapat memicu diabetes tipe 2.

Baca Juga: Abah Sancang Ditangkap Polisi kerena miliki Uang Palsu, Ngaku Mau dibikin Asli

Baca Juga: Tips Aman Negosiasi Gaji Lewat Email, Kalian Sudah Coba?

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak biji jagung ungu dapat menurunkan resistensi insulin, yang ditandai dengan meningkatnya penyerapan glukosa darah. Selain itu, ekstrak biji jagung ungu juga mengandung alfa-amilase yang berperan penting dalam pemecahan karbohidrat kompleks dalam tubuh.

Baca Juga:  Banjir Kepung Kota Tebing Tinggi, Jalan Suprapto Ditutup

2. Mencegah penyakit kanker – Senyawa antikanker yang terkandung dalam jagung ungu diduga dapat mencegah berbagai penyakit kanker, seperti kanker kulit, kanker payudara, kanker usus besar, kanker hati, dan kanker paru-paru.

Baca Juga: Fokus JP Gelar Diskusi Bertajuk Pemerintah, Media dan Politik di Purwakarta

Baca Juga: Yuk Simak Cara Menanam Sayuran Fumak di Rumah Hingga Merawatnya

Baca Juga:  Di Karawang, Kasus Kematian akibat Covid-19 Masih Alami Penambahan

Selain antikanker, flavonoid dan antosianin dalam jagung ungu juga berfungsi sebagai antiangiogenesis yang dapat mencegah perkembangan sel kanker (metastasis) dalam tubuh.

Baca Juga: Wujudkan Zero Halinar, Lapas Purwakarta Intens Lakukan Penggeledahan

3. Mengontrol tekanan darah tinggi – Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jagung ungu dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik pada penderita hipertensi, tanpa memandang usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh, atau tekanan darah awal. ***