Tanggulangi Sampah, Pemkot Bandung Resmikan TPS Tegallega

JABARNEWS | BANDUNG – Dalam rangka mengidealkan pengolahan sampah, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung resmikan Tempat Penampungan Sementara (TPS) Tegallega Kota Bandung, Senin (22/01/2018).

Walikota Bandung, Ridwan Kamil (Emil) menyampaikan jika Kota Bandung idealnya harus memiliki empat TPS untuk menanggulangi masalah sampah.

“Bandung ini idealnya punya empat buah fasilitas seperti ini, sementara kita baru punya dua. Maka dari itu, kita akan tambah di tahun ini atau tahun depan secepatnya,” katanya usai meresmikan TPS Tegallega.

Baca Juga:  'Wisata Vaksin' Digelar di Bandung, Vaksinasi Sekalian Jalan-Jalan

Selain dapat menampung sampah 80 ton per hari, TPS Tegallega telah difasilitasi dengan teknologi canggih, yaitu dengan adanya mesin press berharga miliaran rupiah untuk mereduksi sampah hingga 50% yang kebanyakan adalah air dari sampah organik.

Baca Juga:  Inovasi Bisnis Bank bjb, Berbuah Penghargaan Korporasi Merah Putih

“Kecanggihannya ia punya mesin press raksasa, kenapa penting karena ia mereduksi angkutan sampah ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) sebanyak 50%,” terang Emil.

Lebih lanjut Emil menambahkan, air hasil pembusukan limbah organik akan diolah kembali menjadi gas metan.

Baca Juga:  O2SN Ajang Pencarian Bakat Siswa

“Air bekas di press dimanfaatkan menjadi gas metan dan sebagainya,” tambah Emil.

Sebagai penutup Emil berharap dalam waktu dekat seluruh wilayah Kota Bandung dapat memiliki fasilitas serupa seperti TPS Tegallega, sehingga pengolahan sampah di Bandung bisa lebih sedikit dan lebih efisien.

Laporan: Teddy Permana