Renovasi Alun-alun Kota Bekasi Akan Serupai Kota Bandung

JABARNEWS | BEKASI – Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahjono mengatakan renovasi alun-alun Kota Bekasi yang berada di depan Masjid Agung Al-Barkah mirip dengan alun-alun di Kota Bandung.

Konsep alun-alun yang beradi di Jalan Veteran, Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bekasi Selatan tersebut, bakal menyatukan bangunan masjid raya dengan kawasan alun-alun.

“Kalau sekarang kan masih terpisah, nanti alun-alun kita akan menyatu dengan Masjid Agung Al-Barkah,” ujar Tri Adhianto Tjahjono, Minggu (29/12/2012).

Baca Juga:  Innalillahi, Pergerakan Tanah Meluas di Tasikmalaya, 218 Rumah Rusak Berat

Ia mengatakan anggaran untuk revitalisasi alun-alun memanfaatkan dana hibah Provinsi Jawa Barat tahun 2020 sebesar Rp20 miliar.

“Insya Allah dalam waktu dekat alun-alun sudah bisa kita benahi, sudah dianggarkan oleh Jawa Barat, kita tunggu saja alokasi hibahnya ke kita,” ungkapnya.

Baca Juga:  Yana Mulyana Bilang Penyelenggara dan Peserta Vaksinasi Adalah Pahlawan, Ini Alasannya

Selain itu, Pemerintah Kota Bekasi akan memanfaatkan alun-alun sebagai pusat kegiatan masyarakat terlebih lokasinya yang tak jauh dari pusat pelayanan publik seperti RSUD Kota Bekasi dan Stasiun Bekasi.

“Selain tentunya menjadikan alun-alun ini lebih humanis karena menyatu dengan masjid agung jadi warga bisa berkumpul sekaligus beribadah,” ungkapnya.

Revitalisasi alun-alun juga diharapkan mampu mengubah perwajahan alun-alun menjadi lebih tertata mulai area pusat kuliner hingga area parkir.

Baca Juga:  Kemarin, Kasus Covid-19 di Kota Bandung Tembus 1.100 kasus

Tak hanya itu upaya pembenahan yang dilakukan pihaknya tahun depan diharapkan akan mampu menunjang aktivitas masyarakat.

“Nanti dekat sini (alun-alun) juga akan dibangun fasilitas park and ride kemudian Stasiun Bekasi juga sedang direvitalisasi,” kata Tri. (Ara)